Rektor: DWP Berperan Strategis Sosialisasikan UIN Datokarama

Palu (Humas UINDK Palu) – Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Prof. Dr. Lukman S. Thahir, M.Ag menyatakan Dharma Wanita Persatuan (DWP) UIN Datokarama Palu memiliki peran strategis dalam membantu menyosialisasikan universitas tersebut kepada masyarakat.

“Sosialisasi ini dalam rangka peningkatan jumlah mahasiswa baru UIN Datokarama,” kata Rektor UIN Datokarama Lukman S Thahir, Selasa (19/12/2023).

Pihaknya mulai mensosialisasikan kepada masyarakat di Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat, mengenai penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2024.

Ia berharap DWP UIN Datokarama membantu sosialisasi keunggulan dan kemudahan yang diberikan universitas tersebut  untuk menarik minat masyarakat kuliah di kampus itu, guna menopang target pencapaian jumlah mahasiswa 15.000 – 20.000 orang.

UIN Datokarama mengucurkan sejumlah beasiswa kepada mahasiswa, antara lain bagi  mahasiswa penghafal  Al Quran, sebesar Rp4 juta hingga Rp16 juta. Selain itu ada beasiswa kerja sama dengan Bank Indonesia (BI)  dimana setiap mahasiswa menerima bantuan biaya pendidikan senilai Rp10 juta/dua semester.

Selain itu ada layanan beasiswa kerja sama Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes-PDTT) yang diberikan kepada mahasiswa selama delapan semester.

Setiap mahasiswa menerima bantuan biaya pendidikan yang disesuaikan dengan Uang Kuliah Tunggal (UKT/SPP) mahasiswa, dengan nilai terendah Rp1,2 juta dan tertinggi Rp1,6 juta. Selain menanggung biaya pendidikan, UIN Datokarama dan Kemendes-PDTT juga memberikan biaya hidup senilai Rp550 ribu/bulan/mahasiswa.

UIN Datokarama, kata dia,  juga bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk memberikan beasiswa. Pada tahun 2019 sebanyak 19 orang mendapat manfaat dengan total bantuan beasiswa sebesar Rp23 juta lebih dan mahasiswa angkatan tahun 2020 sebanyak 20 orang dengan nilai bantuan berjumlah Rp26 juta lebih. Tahun 2021 sampai dengan tahun 2023 terdapat 20 mahasiswa yang diberikan beasiswa.

Berikutnya beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah senilai Rp6,6 juta/mahasiswa/semester selama delapan semester.

Rektor juga meminta kepada DWP membantu pengembangan bisnis bagi mahasiswa dan ASN UIN Datokarama guna membangun mahasiswa dan ASN yang memiliki jiwa berusaha.

“Di samping itu DWP perlu untuk membantu dan memeriahkan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama  dengan berbagai kegiatan dan lomba,” sebutnya.