FTIK UIN Datokarama Palu Laksanakan Asesmen Lapangan Prodi PAI

Sigi (Humas UINDK Palu) – Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) yang tergabung dalam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) di UIN Datokarama Palu, laksanakan kegiatan Asesmen Lapangan selama dua hari di gedung lantai 3 FTIK Kampus II. Acara ini berlangsung pada tanggal 24 hingga 25 Agustus 2023.

Acara ini dihadiri oleh dua asesor, yaitu Dr. Akhmad Rifa’i, M.Phil. (UIN Sunan Kalijaga) dan Prof. Dr. Zulkifli Musthan, M.Si, M.Pd. (IAIN Kendari) Selain itu, juga hadir Wakil Rektor III serta seluruh pimpinan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTK) UIN Datokarama Palu.

Asesmen Lapangan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor III UIN Datokarama Palu, Dr. Mohammad Idhan, S.Ag, M.Pd. Dalam sambutannya, Dr. Mohamad Idhan mengapresiasi langkah Prodi PAI FTIK dalam mengadakan kegiatan ini sebagai bentuk komitmen mereka untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran. Ia juga menekankan pentingnya asesmen lapangan dalam mengukur pencapaian tujuan pendidikan serta identifikasi potensi perbaikan yang perlu dilakukan.

Pada kesempatan ini Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Dr. H. Askar, M.Pd. dalam sambutannya memberikan paparan mengenai visi, misi, tujuan, dan strategi FTK UIN Datokarama Palu. Visi yang diusung oleh FTK adalah Unggul dalam Pengembangan Kompetensi Tenaga Pendidik dan Kependidikan Berwawasan Islam Moderat, berbasis Integrasi Ilmu, Spiritualitas, dan Kearifan Lokal Tahun 2039.

“beberapa indikator yang digunakan untuk mengukur ketercapaian visi FTIK. Salah satunya adalah meningkatkan jumlah dosen FTK yang diakui secara nasional, serta mendorong publikasi karya dosen pada jurnal-jurnal terakreditasi baik di tingkat nasional maupun internasional. Selain itu, semua program studi di FTIK diharapkan mengintegrasikan Islam dan Ilmu Pengetahuan Teknologi (Iptek) ke dalam kurikulumnya, serta mengedepankan integrasi keilmuan dalam penelitian dan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang dilaksanakan”, ungkap Dr. Askar.

Kegiatan ini melibatkan sejumlah dosen, mahasiswa, dan pihak terkait di lingkungan kampus. Selama dua hari, peserta asesmen lapangan akan mengikuti berbagai sesi evaluasi, diskusi, dan presentasi terkait dengan kurikulum, metode pengajaran, serta kualitas penelitian yang dilakukan oleh Prodi PAI.

Diharapkan bahwa hasil dari asesmen lapangan ini akan memberikan gambaran yang lebih komprehensif tentang kinerja Prodi PAI FTIK, serta memberikan rekomendasi yang berharga untuk pengembangan dan perbaikan di masa depan. Kegiatan semacam ini juga sejalan dengan visi UIN Datokarama Palu dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mampu bersaing di dunia pendidikan yang terus berkembang.

Pada akhirnya, ucapan terima kasih disampaikan kepada seluruh asesor dan tim FTIK yang selalu membangun sinergi yang andal. Harapannya, FTK UIN Datokarama Palu dapat menjadi pionir bagi program studi lain di bawah naungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), Ucapan Terima kasih tak terhingga dari Dekan FTIK.