UIN Palu dan Pengadilan Tinggi Agama Palu Teken MoU

Palu (Humas UINDK Palu) – Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu Prof. Dr. H. Sagaf S. Pettalongi, M.Pd. melakukan penandatanganan MoU dan Perjanjian Kerjasama dengan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kota Palu Sulawesi Tengah Dr. H. Zulkarnain SH, MH, dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan peningkatan mutu layanan Pengadilan Tinggi Agama Palu,  yang dilaksanakan di Ruang Rapat Senat Lantai III Gedung Rektorat, (Selasa, 1/8/2023).

Dalam sambutannya, Rektor UIN Datokarama Palu Prof. Dr. H. Sagaf S. Pettalongi menambahkan bahwa kerjasama dan sinergitas UIN Datokarama Palu dengan Pengadilan Tinggi Agama Kota Palu selama ini sudah berjalan dengan baik.

“Tentu ini sebuah apresiasi yang sangat tinggi, sinergitas antara kedua lembaga yang tumbuh satu atap ikatan emosionalnya tentu sangat kuat, walaupun sudah terpisah atapnya tetapi saya kira konsep dan komitmen pelayanan kepada umat arah dan muaranya tetap kita junjung bersama,” kata Rektor.

Olehnya itu, dengan sinergitas Pengadilan Tinggi Agama dengan UIN Datokarama Palu menurut Sagaf, akan semakin membuat atau memperkuat komitmen keduanya dalam pelayanan kepada masyarakat, karena inti dari kelembagaan ini adalah untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat baik Pengadilan Tinggi Agama maupun khususnya pada Universitas yang memang secara kelembagaan memproduk atau menghasilkan sumber daya manusia baik lingkup strata 1, strata 2 maupun strata 3.

“Sinergitas melalui MoU ini kita akan terus tingkatkan, dan sama harapan kami bahwa tidak hanya berhenti pada penandatangan MoU, tapi juga pada bentuk tindaklanjut, saya kira nanti akan ditindaklanjuti oleh lembaga yang terkait, baik lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat maupun Fakultas Syariah, Fakultas Ekonomi dan juga Fakultas lain,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Pengadilan Tinggi Agama Kota Palu Dr H Zulkarnain S H M H mengatakan kehadiran pihaknya di Civitas Akademika UIN Datokarama Palu ingin menjemput harapan. Kerjasama dengan UIN Datokarama Palu sendiri kata Zulkarnain sudah lama berjalan dan hingga saat ini juga masih berjalan.

“Perlu ada MoU, karena MoU yang sudah ada itu ternyata masa berlakunya sudah habis, sudah tiga tahun yang lalu diadakan MoU antara PTA Palu dengan UIN Datokarama, jadi sekarang kita akan perpanjang, dan alhamdullillah dapat sambutan dari Pak Rektor untuk kerjasama ini,” jelas Zulkarnain.

Sekaligus kata Zulkarnain, kalau memang diperlukan PTA Palu juga bersedia menyiapkan para tenaga-tenaga bimbingan untuk masuk ke dunia peradilan, disamping tawaran itu untuk bisa memberikan bimbingan, juga tenaga-tenaga di Pengadilan Tinggi Agama juga banyak yang menyandang gelar-gelar doktor yang bisa dipergunakan.

“Karena kami kemari ini merasa datang ke rumah sendiri, jadi apa saja yang bisa dikerjasamakan akan kita kerjasamakan, karena tanpa dukungan dunia akademik sebenarnya peradilan agama itu tidak ada artinya,” sebut Zulkarnain.

Silaturahmi ini juga penting dilakukan lanjut Zulkarnain, terutama mungkin ingin berbagi informasi karena pihaknya menyadari bahwa UIN Datokarama Palu ini selain menjadi almamater bagi keluarga besar di kantor Peradilan Agama Palu, tetapi juga merupakan sumber daya manusia yang diharapkan bisa mengisi lembaga peradilan, apalagi jurusan syariah yang memang salah satu lapangan kerjanya itu adalah peradilan agama.