Pemprov Sulteng Apresiasi Perpustakaan UIN Datokarama Palu Raih Akreditasi A

Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Pemprov Sulteng) mengapresiasi Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu yang berhasil meraih akreditasi A.

“Kepada semua pengelola Perpustakaan agar mencontohi UPT Perpustakaan UIN Palu yang berhasil meraih akreditasi A,” ucap Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulteng, Nyoman Sriadijaya, di Palu, Kamis.

UPT Perpustakaan UIN Palu meraih akreditasi A dari Pemerintah Pusat. Sertifikat akreditasi itu diserahkan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulteng pada rapat koordinasi evaluasi perpustakaan perguruan tinggi se-Sulteng yang diselenggarakan oleh Pemprov Sulteng di Palu sejak tanggal 24 – 25 Mei 2023.

Kegiatan yang berlangsung selama dua diikuti oleh Pustakawan dari seluruh perguruan tinggi di Sulawesi Tengah di antaranya yaitu Universitas Tadulako, UIN Datokarama, Universitas Alkhairaat, STIE Panca Bhakti Palu, Universitas Madako Tolitoli dan Politeknik Industri Morowali.

Nyoman Sriadijaya menjelaskan kegiatan ini dimaksudkan untuk mendapatkan informasi mengenai efektivitas penyelenggaraan perpustakaan perguruan tinggi di Sulawesi Tengah.

Bagaimana perbedaannya, kerajinan dengan standar perpustakaan nasional, apa yang menjadi persoalan pokok, dan bagaimana melaksanakan atau mengelola perpustakaan sesuai dengan tujuan penyelenggaraan khususnya perguruan tinggi.” Ucap I Nyoman Sriadijaya

Ia menambahkan untuk Sulawesi Tengah, Universitas Islam Negeri Datokarama mendapatkan akreditasi A yang merupakan hasil visitasi perpustakaan umum dan perpustakaan perguruan tinggi yang diadakan oleh Perpustakaan Nasional RI.

Oleh karena itu, ia berharap para Pustakawan perguruan tinggi di Sulteng agar mencontohi UPT Perpustakaan UIN Palu dalam memenuhi seluruh persyaratan visitasi akreditasi perpustakaan.

“Seluruh peserta pada kegiatan ini ke depannya bisa segera memenuhi persyaratan akreditasi seperti yang dilakukan oleh perpustakaan UIN Datokarama,” imbuhnya.

Terkait hal itu, Rektor UIN Palu Profesor Sagaf S Pettalongi menyatakan bahwa pengembangan UPT Perpustakaan secara fisik menjadi satu prioritas dalam rencana strategis pengembangan UIN Palu.

Kata Rektor, pengembangan tidak hanya secara fisik, melainkan pengembangan sistem layanan juga dilakukan, termasuk dalam hal pengembangan SDM Pustakawan.

“Salah satunya adalah layanan perpustakaan berbasis digital, ini dilakukan seiring dengan tuntutan zaman, sehingga semua komponen dan elemen masyarakat dapat mengakses literatur yang dibutuhkan di UIN Palu,” ujar Rektor.

Di samping itu, kata Rektor, literatur dan karya ilmiah yang ada di UPT Perpustakaan UIN Palu terus diupayakan untuk ditingkatkan baik dari sisi kualifikasi kualitas dan kuantitas.

“Dengan demikian akreditasi A yang diraih ke depan akan terus dipertahankan dan ditingkatkan, dengan skema pengembangan secara fisik dan non-fisik,” demikian Rektor UIN Palu.

Sumber: Humas UIN Palu