Rektor Menjadi Pembina Upacara Hari Amal Bhakti ke-77 Kemenag RI di UIN Datokarama Palu

Palu (Humas) – Universitas Islam Negeri Datokarama Palu melaksanakan upacara Hari Amal Bhakti (HAB) ke-77 Kementerian Agama Republik Indonesia Tahun 2023 di halaman kampus UIN Datokarama Palu, Sulawesi Tengah. Selasa (03/01/2023).

Upacara dilaksanakan pukul 08.00 WITA berbeda dengan perayaan upacara pada tahun-tahun sebelumnya, dimana seluruh peserta upacara memakai pakaian adat nusantara. Bertindak sebagai Pembina Upacara, Rektor UIN Datokarama Palu, Prof. Dr. H. Sagaf S. Pettalongi, M.Pd.

“Pada peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-77 tahun ini, saya mengajak kepada seluruh ASN UIN Datokarama Palu untuk memperbaiki niat pengabdian dan pelayanan kepada umat. Jadikan peringatan HAB ini sekaligus sebagai penanda sejarah panjang pengabdian Kementerian Agama dalam melayani seluruh umat beragama di Indonesia,” tegas Rektor sembari membaca Pidato Menteri Agama Republik Indonesia.

Selanjutnya rektor mengajak semuanya untuk terus menggelorakan semangat Transformasi Layanan Umat.
“Dengan kehadiran aplikasi layanan Kementerian Agama, Pusaka super Apps, telah membuktikan bahwa birokrasi Kementerian Agama RI telah bergerak lebih lincah dan responsive. Beragama inovasi digital terus dilakukan dan ditingkatkan,” lanjutnya.

Melalui upacara Hari Amal Bhakti (HAB) ke-77 tahun ini juga, Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Agama RI menegaskan agar seluruh ASN kemenag mampu mengantisipasi politik identitas dan politisasi agama.

“Keluarga besar Kementerian Agama, bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat harus terdepan dalam membina dan membangun suasana rukun dan damai agar perjalanan dan tahapan Pemilu dapat dinikmati sebagai pesta demokrasi dalam pengertian yang sesungguhnya. Untuk itu, semangat merawat kerukunan umat harus digelorakan seluruh ASN Kementerian Agama,” pungkas Rektor.

Pada sesi terakhir, Rektor dan para Wakil Rektor serta unsur pimpinan Universitas Islam Negeri Datokarama Palu menyematkan Satyalancana Karya Satya kepada ASN yang telah mengabdi 10, 20 dan 30 tahun, penyerahan apresiasi berupa penghargaan kepada ASN berbaju adat terbaik pria dan wanita.

Apresiasi lewat SPI Award UIN Datokarama 2022 diberikan kepada fakultas, lembaga, unit, dan lembaga kemahasiswaan di lingkungan UIN Datokarama Palu. Atas penyelesaian laporan pertanggungjawaban kegiatan, khususnya dalam pengelolaan keuangan negara, terutama pada aspek pelaksanaan dan penatausahaan anggaran serta pertanggungjawabannya.

Terbaik I, Fakultas Syariah. Terbaik II, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, dan Terbaik III, UPT Rumah Moderasi, serta Terbaik lembaga kemahasiswaan diraih oleh LPM Qalamun.

Selanjutnya pada hari yang sama rektor dan sivitas akademika UIN Datokarama Palu melaksanakan ziara ke makam Datokarama yang memiliki nama asli Syekh Abdullah Raqie, tokoh pembawa pertama agama Islam di lembah Palu dan nama beliau diabadikan pada perguruan tinggi UIN Datokarama Palu.

Terakhir ziara ke makam Al-Habib Idrus bin Salim Al-Jufri atau lebih dikenal dengan Sayyid Idrus bin Salim Al-Jufri atau Guru Tua, yang merupakan tokoh pejuang di Provinsi Sulawesi Tengah dalam bidang pendidikan agama Islam.

sumber : humas UIN Datokarama Palu