LP2M UIN Datokarama turunkan mahasiswa KKN di 55 desa

Palu, 16/4 (UIN-DK) – Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama segera menurunkan mahasiswa/mahasiswi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik di 55 desa se-Provinsi Sulawesi Tengah.

Ketua LP2M UIN Datokarama Doktor Sahran Raden, di Palu, Selasa, mengemukakan KKN Tematik tahun 2024 diikuti 275 mahasiswa/i dari empat fakultas lingkup UIN Datokarama.

Sahran menjelaskan KKN Tematik mencakup tiga kluster meliputi kluster moderasi beragama, kluster kewirausahaan, dan kluster pelayanan publik.

“Dengan demikian mahasiswa peserta KKN melaksanakan program KKN mengacu pada tiga kluster tersebut,” ucap Sahran Raden.

Pelaksanaan KKN Tahun 2024 berlangsung di Kabupaten Banggai, Kabupaten Sigi, Kabupaten Parigi Moutong, Kota Palu, dan Kabupaten Donggala, dengan total wilayah yang menjadi sasaran berjumlah 55 desa/kelurahan di empat kabupaten dan satu kota tersebut.

Di 55 desa/kelurahan tersebut, kata Sahran, mahasiswa KKN akan melaksanakan program KKN Tematik Moderasi Beragama, Pelayanan Publik dan Kewirausahaan selama sebulan, mulai dari tanggal 25 April – 25 Mei.

Untuk mengoptimalkan implementasi pelayanan program mahasiswa KKN, maka LP2M memberikan ketentuan bahwa setiap posko KKN terdiri lima orang mahasiswa/i gabungan dari tiga kluster tersebut.

Di samping itu, mahasiswa peserta KKN dari tiga kluster tersebut, sebelum turun ke lokasi KKN. Terlebih dahulu akan mengikuti Training of Trainers (ToT) selama dua hari.

“Pelaksanaan ToT ini sendiri akan dibagi dalam tiga kelas, yaitu kelas moderasi beragama, pelayanan publik, dan kewirausahaan,” ujarnya.

Dalam pelaksanaan ToT KKN Tematik tersebut, mahasiswa peserta KKN akan dilatih terlebih dahulu oleh instruktur/pengajar yang terdiri dari Profesor Lukman, Doktor Faisal Attamimi, Doktor Sahran Raden, Doktor Sofyan Bachmid, Doktor Askar, Drs Ismail Pangeran M.Pd, Doktor Ermawati Usman, Dra Murniati Ruslan M.Pd, Doktor Hilal Malarangan, dan Ahmad Haekal M.Si.