UIN Datokarama sosialisasikan penerimaan mahasiswa di Touna-Poso

Palu, 22/3 (UIN-DK) – Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, menyosialisasikan penerimaan mahasiswa baru di Kabupaten Tojo Una-una dan Kabupaten Poso, untuk menarik minat masyarakat generasi muda mendaftar di perguruan tinggi Islam negeri tersebut.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UIN Datokarama Doktor Kiai Haji Faisal Attamimi, dihubungi dari Palu, Jumat, mengemukakan bahwa
penerimaan mahasiswa baru tahun 2024 dilakukan oleh UIN Datokarama dengan sinergi multi pihak.

“Dan salah satu mitra strategis UIN Datokarama adalah Kementerian Agama yang ada di tingkat kabupaten dan kota di Sulteng,” kata Doktor Faisal Attamimi yang juga sebagai Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2024.

Melalui sinergi antara UIN Datokarama dengan Kementerian Agama Kabupaten Tojo Una – una dan Kemenag Poso, maka perguruan tinggi Islam negeri tersebut dapat menyosialisasikan penerimaan mahasiswa baru di Madrasyah Aliyah Negeri (MAN) Tojo Una-una dan MAN 1 Kabupaten Poso.

Sosialisasi penerimaan mahasiswa baru di MAN Tojo Una-una diikuti oleh 200 siswa dari tiga madrasyah yang merupakan anggota dari kelompok kerja madrasyah. Sosialisasi tersebut juga dihadiri langsung oleh Kepala Kemenag Kabupaten Tojo Una-una H.M. Syahruddin, S.Ag., MM.

Kehadiran Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Doktor Kiai Haji Faisal Attamimi di MAN Tojo Una-una disambut oleh Kepala MAN Abu Suud A. Kadir, S.Ag.

Sosialisasi tersebut mendapat respons baik dari Kemenag Kabupaten Poso dan MAN Tojo Una-una. Di mana, pihak madrasyah dan Kemenag Tojo Una-una akan membantu mendorong siswa untuk kuliah di UIN Datokarama Palu.

Sementara, di Kabupaten Poso, Doktor Kiai Haji Faisal Attamimi didampingi oleh Kepala Seksi Pendidikan Islam Kemenag Kabupaten Poso Sutami M. Idris, S.Pd.I, untuk menyosialisasikan penerimaan mahasiswa baru di MAN 1 Poso yang diikuti sebanyak 100 siswa.

Kehadirannya di MAN 1 Poso, disambut oleh Kepala MAN 1 Poso, Warda, S.Ag dan jajara guru serta tenaga kependidikan yang ada di madrasyah tersebut.

Kepada para siswa – siswi di dua kabupaten tersebut, Doktor Faisal menyampaikan bahwa UIN Datokarama merupakan perguruan tinggi Islam negeri di Sulawesi Tengah yang kualitasnya sangat baik dibanding perguruan tinggi lainnya.

Bahkan, UIN Datokarama saat ini tengah berupaya agar lulusan perguruan tinggi tersebut tidak menjadi pengangguran. Oleh karena itu, dalam penyelenggaraan akademik lebih mengarah pada pembangunan kompetensi kewirausahaan atau kemampuan mahasiswa berusaha.

“Maka, siswa – siswi tidak perlu ragu untuk kuliah di UIN Datokarama Palu. Masa depan anda akan semakin cerah,” sebutnya.