Beri Kuliah Umum di UIN Datokarama Palu, Anwar Hafid Ajak Padukan Nilai Religius dan Kearifan Lokal

Palu (Humas UINDK Palu) – Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu menyelenggarakan Kuliah Umum semester genap tahun akademik 2023/2024 dengan menghadirkan narasumber Anggota Komisi V DPR RI Anwar Hafid, Senin (4/3/2024).

Kuliah umum ini mengangkat tema “Penerapan nilai-nilai religius dan kearifan lokal dalam kepemimpinan menuju good university governance”.

Rektor UIN Datokarama Palu Prof Dr H Lukman S Thahir menyampaikan terima kasih kepada Anwar Hafid atas kesediaannya hadir dan mengangkat tema yang merupakan disertasinya.

“Tema ini menyentuh spiritualitas, yang terhubung dengan kearifan lokal. Orang yang tidak memiliki nilai-nilai spiritualitas pasti berbenturan dengan kearifan lokal,” kata Prof Lukman.

Prof Lukman juga menyampaikan kendala di Fakultas Tarbiyah UIN Palu di Kabupaten Sigi, yaitu kurangnya alat transportasi bagi mahasiswa baru. Beliau berharap Anwar Hafid, sebagai anggota Komisi V DPR RI yang membidangi perhubungan, dapat membantu menyediakan dua bus untuk mengatasi kendala tersebut.

Anwar Hafid dalam pemaparannya menyampaikan bahwa penerapan nilai religius dalam kehidupan bisa dimulai dengan salat berjamaah tepat waktu. Nilai religius yang mendarah daging akan mengantarkan pada good governance.

“Saat adzan berkumandang, semua acara ditutup. Tapi sekarang, adzan berkumandang, acara berhenti sebentar, selesai adzan lanjut,” ungkapnya.

Anwar Hafid juga menekankan pentingnya nilai religius lainnya, yaitu mengaji Al-Quran. Beliau pernah menerapkan program Morowali Mengaji saat menjabat sebagai Bupati Morowali.

“Konsepnya, bagaimana kita bisa mengurus kehidupan kalau pedoman hidup tidak bisa dibaca,” tutupnya.

Kuliah umum ini dihadiri oleh Kepala Kakanwil Kemenag Provinsi Sulteng Ulyas Taha, para Wakil Rektor, pejabat UIN Palu, dan ribuan mahasiswa.