Perkuat Kolaborasi Forhumas PTKIN Gelar Audiensi dan Rapat Koordinasi dengan Kepala Biro HDI Kemenag RI

Jakarta (Humas UINDK Palu) – Forum Humas Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) mengadakan audiensi dan rapat koordinasi dengan Biro HDI Kemenag RI di Ruang Sidang Sekretariat Jenderal Lt 2 Jl Lapangan Banteng Barat 3-4 Jakarta Pusat. (Selasa, 27/6/2023).

Acara ini menjadi momentum penting bagi PTKIN dalam memperkuat kerjasama dan kolaborasi dengan Kementerian Agama RI guna memperkuat informasi dan pengembangan institusi.

Kepala Biro Hubungan Data dan Informasi (HDI) Kementerian Agama RI, Akhmad Fauzin, beserta seluruh jajaran HDI dan Humas Pendis, turut hadir untuk menerima audiensi tersebut. Ketua Forum Humas PTKIN Hayatul Islam, memperkenalkan para Pengurus Forum Humas yang hadir serta menyampaikan tujuan utama mereka dalam audiensi ini.

Dalam sambutannya, Hayatul Islam menekankan pentingnya arahan dari Kementerian Agama RI dalam rangka melaksanakan kegiatan humas di PTKIN.

“Dengan jumlah Prahum PTKIN yang mencapai 204 orang, Forum Humas PTKIN hadir sebagai mitra dan fasilitator yang siap menyampaikan informasi dengan cepat dan efektif, baik dari Kementerian Agama maupun dari PTKIN itu sendiri”, Ujarnya.

Selain itu Ketua Forum menyampaikan tujuan kehadiran Forum Humas di PTKIN khususnya dan Kemenag Umumnya.

“Forum Humas PTKIN hadir bertujuan untuk mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh Pranata Humas dan berkontribusi dalam pengembangan sumber daya manusia di PTKIN dan berkomitmen untuk melawan berita hoaks dan menghadirkan narasi yang akurat bagi masyarakat”, paparnya.

Kepala Biro HDI Kementerian Agama RI, Akhmad Fauzin dalam sambutannya, mengakui peran strategis yang dimiliki oleh humas sebagai bagian dari lingkungan pimpinan memilki peran strategis di PTKIN masing-masing.

“keberadaan humas sangat penting dukungan dari pimpin karena peran mereka dalam mendokumentasikan dan mempublikasikan pimpinan serta lembaga dalam menciptakan citra positif yang baik”, katanya dengan ramah tamah.

Lebih lanjut kepala Biro HDI menyoroti pentingnya peran humas dalam mempublikasikan Lembaga masing-masing.

“P humas PTKIN sangat penting dalam mempublikasikan informasi Kementerian Agama secara efektif dan efisien, termasuk perkembangan informasi melalui aplikasi Pusaka”, terangnya.

kepala Biro juga memyampaikan  kedepan telah menyiapakan Langkah-langkah peningkatan sumber daya Pranata Humas di lingkungan Kementerian  Agama RI.

“Dalam rencana ke depan, kita akan fokus  memperjuangkan peningkatan sumber daya Pranata Humas  melalui pelatihan dan peningkatan pengetahuan. melalui pendidikan’, tambahnya.

Audiensi antara Forum Humas PTKIN dan Kementerian Agama RI ini menjadi bukti konkret dari upaya bersama dalam memperkuat informasi, meningkatkan pencitraan, dan mengembangkan sumber daya manusia di PTKIN. Forum Humas PTKIN siap berperan sebagai mitra yang tangguh dalam menyampaikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat dan pengembangan PTKIN secara keseluruhan.

Pengurus Forum Humas PTKIN yang hadir dalam Audiensi ini diantaranya Hayatul Islam dari UIN Raden Intan Lampung, Muhdar UIN Datokarama Palu, Muhammad Mahyudin UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yuni Salma UIN Sumatera Utara , Agus Prajitno UIN Sultan Mahmud Idris Samarinda, Ratonggi UIN Syekh Ali Hasan Addary Padangsidempuan, Mohammad Arifin IAIN Syekh Nur Jati Cirebon, Zidnie Ilman Elfikri UIN Salatiga, Vaurina UIN Raden Fatah Palembang.