UIN Palu Gelar Penyuluhan Moderasi Beragama Bagi Mahasiswa

Palu (Humas UINDK) – Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu menggelar penyuluhan moderasi beragama bagi mahasiswa, di aula Dakwah Kampus UIN Datokarama Palu, Selasa (11/04).

UIN Datokarama melalui Rumah Moderasi melaksanakan Penyuluhan Moderasi Beragama kepada 200 mahasiswa semester dua dan empat dari semua fakultas.

Rektor UIN Datokarama Palu, Prof. Dr. H. Sagaf S. Pettalongi, mengatakan, moderasi beragama ini harus diberi penguatan kepada semua komponen bangsa dari berbagai profesi.

“Soal moderasi beragama ini saya pernah dilatih kurang lebih selama 12 hari di Jakarta ketika itu sekaligus saya sebagai master TOT,” kata Rektor.

Kata dia, terkait moderasi beragama saat ini, pemerintah sedang terus meningkatkan perannya, di mana ada badan khusus di Kementerian Agama yang menanganinya.
“Sehingga ini bukan program main-main,” katanya.

Olehnya, kata dia, moderasi beragama ini akan terus ditemukan oleh mahasiswa di setiap tahapan perkuliahan.
Lebih lanjut ia mengatakan, secara nasional, moderasi beragama juga masuk pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Bappenas RI, sehingga menjadi tugas dari seluruh kementerian/lembaga.

Selain ada di RPJMN, lanjut dia, dalam Rencana Strategi Kemenag, moderasi beragama juga menjadi salah satu poin penting, bahkan Menag menjadikannya sebagai salah satu program prioritas.

Kepala Rumah Moderasi Beragama UIN Datokatama Palu, Ismail Pangeran, menambahkan, kegiatan ini dilaksanakan rangka memberikan pemahaman kepada mahasiswa terkait pentingnya moderasi beragama.

“Diharapkan setelah mendapatkan materi, ditindaklanjuti di dalam lingkungan kampus dan eksternal di lingkungan masyarakat untuk menjadi percontohan,” katanya.

Ia menambahkan bahwa dalam upaya pengenalan dan memaksimalkan implementasi moderasi beragama, pihaknya menggandeng para tokoh agama dan pimpinan rumah ibadah serta pemerintah daerah.

“Program ini tidak hanya difokuskan kepada komponen civitas UIN Datokarama, tetapi juga difokuskan kepada masyarakat luas termasuk di dalamnya komponen mahasiswa,” ujar Ismail.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, Selasa – Rabu (11-13/4/2023) itu mengangkat tema “Moderasi Beragama Konsep dan Implementasinya”.

sumber : humas UIN Datokarama Palu