Rakornas Humas PTKIN Se-Indonesia, Dirjen Pendis : Humas Harus Pintar Mengelola Isu

Surabaya (Humas) – Koordinator Humas UIN Datokarama Palu, Muhdar, S.Ag., M.AP. hadiri Rapat Koordinasi Nasional Humas PTKIN se – Indonesia di UIN Sunan Ampel Surabaya. Senin (6-8/2/2023).

Dirjen Pendis, Muhammad Ali Ramdhani, yang hadir secara langsung pada Rakornas ini menghimbau kepada seluruh Humas agar cerdas dalam mengelola informasi.

“Sebagai humas dalam menyuguhkan berita harus pintar mengelola isu dan komunikasi kepada masyarakat serta informasi yang disampaikan juga harus jelas,” terangnya.

Ali Ramdhani juga banyak memberikan ilustrasi bagaimana pemberitaian itu memiliki kesan bagi pembacanya.

“Humas sebagai etalase PTKIN, maka berita yang disajikan harus memiliki halo effect, memilki kesan positif awal terhadap pemberitaan sehingga bisa mempengaruhi persepsi seseorang atas informasi yang disampaikan,” paparnya.

Dirjen Pendis juga berpesan kepada para Humas dalam membuat berita perlu ketenangan dan kesungguhan.

“Kesungguhan dan ketenangan sangat dibutuhkan dalam membuat berita, hindari membuat berita waktu marah, karena kemarahan menghilangkan sebagian kecerdasan,” ujarnya.

Kepada para Humas Dirjen pendis berpesan agar Humas memiliki kemampuan seni, pengetahuan dan keterampilan yang dapat digunakan untuk menganalisis kecenderungan.

“Kemampuan humas harus mampu memprediksi konsekuensi-konsekuensi, memberikan advis bagi pemangku kepentingan, melaksanakan program yang terencana, menjaga kepentingan kemenag maupun kepentingan masyarkat,” tegasnya.

Sebelumnya Rektor UINSA Surabaya, Akhmad Muzakki dalam sambutannya juga menyampaikan penyuguhan berita itu harus mengetahui sasarannya dan menurutnya Humas PTKIN sudah mampu memahami kecenderungan ini.

“Wajah PTKIN yang memiliki prestasi akademik dan non akademik bisa dikenal masyarakat karena para Humasnya yang keren dalam menyuguhkan informasi kepada generasi milinial,” ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Muhdar dalam wawancaranya dengan media ini sampaikan tanggapan positif bahwa Humas PTKIN, khususnya UIN Datokarama Paku akan mampu menjangkau setiap kalangan masyarakat melalui pemberitaan dan publikasi yang lebih baik lagi.

sumber : humas UIN Datokarama Palu