Bank Indonesia – UIN Palu Pererat Kerjasama Melalui Beasiswa

Palu (Humas) – UIN Datokarama Palu mengadakan kegiatan kerjasama dengan Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Tengah.

Acara tersebut merupakan program Bank Indonesia berupa penandatanganan Perjanjian Kerjasama Program Beasiswa Bank Indonesia Tahun 2023. Kegiatan dilaksanakan di ruangan Rektor Kampus UIN Datokarama Palu. (13/2/23).

Penandatanganan tersebut merupakan pembaruan perjanjian sebelumnya. Untuk mendapatkan beasiswa ini tidaklah mudah, setiap mahasiswa yang berhak mendapatkan akan melalui berbagai tahapan seleksi dengan berbagai persyaratan yang harus dipenuhi.

Beberapa persyaratan yang dipenuhi antara lain harus memiliki Indek Prestasi Kumulatif (IPK) diatas 3,00, berasal dari keluarga yang tidak mampu dan telah mendapatkan rekomendasi dari Wakil Dekan III.

Dwiyanto Cahyo Sumirat, Kepala Perwakilan BI Sulawesi Tengah menyatakan Beasiswa BI merupakan program bantuan dana pendidikan, yang ditujukan kepada kalangan mahasiswa yang sedang menempuh studi di jenjang D3, D4, dan S1 dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia, baik negeri maupun swasta.

“Program sosial ini secara nasional sudah menyasar ratusan perguran tinggi, untuk tahun ini empat kampus ternama di Kota Palu, yaitu Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama, Univeristas Tadulako (Untad), Universitas Alkahiaraat (Unisa) dan Universitas Muhammadiyah (Unismuh),” kata Dwiyanto Cahyo saat hadir di kampus UIN Datokarama Palu.

“Selain mendapatkan beasiswa, mahasiswa juga akan tergabung dalam komunitas Genbi yang memiliki seabrek kegiatan seperti pembekalan belajar diluar kelas seperti peduli sosial, kepemimpinan, dan pelatihan wirausaha,” Jelasnya.

Rektor UIN Datokarama Palu, Prof. Dr. H. Sagaf S. Pettalongi, M.Pd. mengapresiasi pelaksanaan Perjanjian Kerjasama dengan Bank Indonesia.

“Saya mengapresiasi langkah nyata Bank Indonesia untuk mau peduli kepada mahasiswa UIN Palu khususnya dengan memberikan beasiswa BI. Saya yakin Beasiswa BI ini sangat dibutuhkan oleh mahasiswa,” terangnya.

PERSYARATAN UMUM BEASISWA BI

Persyaratan dan kriteria yang dibutuhkan untuk mendaftar sebagai penerima beasiswa BI adalah:

  1. Mahasiswa aktif di jenjang D3, D4, dan S1 serta sedang tidak dalam cuti akademik
  2. Minimal telah menyelesaikan sejumlah 40 SKS atau telah menginjak semester 3
  3. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.00 dari skala 4
  4. Berusia tidak lebih dari 23 tahun pada saat menerima beasiswa
  5. Tidak sedang atau akan menerima bantuan beasiswa dari ikatan dinas /lembaga/instansi lainnya
  6. Memiliki pengalaman dalam kegiatan sosial yang sarat manfaat bagi masyarakat dan lingkungan
  7. Bersedia untuk dapat berperan aktif, mengelola, serta mengembangkan komunitas penerima beasiswa BI (GenBI) dan berpartisipasi dalam kegiatan Bank Indonesia
  8. Diutamakan bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu (pra sejahtera)

Selain semua kriteria dalam persyaratan umum di atas, beberapa dokumen juga wajib disertakan untuk mendaftar dalam program Beasiswa BI, yang akan diumumkan secara resminya oleh pihak kampus.

Kegiatan Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Tengah pada hari yang sama (13/2/23), dirangkaikan dengan Sosialisasi Beasiswa BI kepada ratusan mahasiswa di Aula UIN Datokarama Palu.

UIN Palu Pererat Kerjasama Melalui Beasiswa

sumber : humas UIN Datokarama Palu