UIN Datokarama Palu Segera Buka Empat Program Studi Umum

Palu (Humas UIN Datokarama Palu) – Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu segera membuka empat program studi umum untuk menjawab tantangan sekaligus memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah Sulawesi Tengah.

“Iya, kami telah mendapat rekomendasi dari Pemerintah Pusat yaitu Kemendikbud Ristek RI untuk membuka empat program studi umum,” ucap Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga UIN Datokarama Palu Prof Abidin Djafar di Palu, Senin.

Kata Abidin Djafar, program studi umum yang akan dibuka yaitu program studi kesehatan masyarakat, program studi psikologi, sistem informasi dan teknik informatika.

Empat program studi itu akan dinaungi oleh dua fakultas masing – masing Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Fakultas Sains.

“Semua program studi ini untuk jenjang strata satu (S1),” kata dia.

Prof Abidin Djafar menjelaskan sebelumnya UIN Datokarama Palu mengajukan permohonan pembukaan program studi umum ke Kemendikbud Ristek melalui aplikasi Siaga milik kementerian tersebut.

“Permohonan itu kami lengkapi dengan seluruh syarat dan proposal yang mencakup berbagai data,” ungkap Abidin.

Permohonan tersebut, kata dia, kemudian diverifikasi oleh LLDikti Wilayah XVI mencakup Gotontalo, Sulawesi Utara dan Sulteng.

“Dua kali dilakukan verifikasi oleh LLDikti Wilayah XVI,” ucapnya.

Dari verifikasi itu Kemendikti Ristek menilai UIN Palu layak untuk diberi rekomendasi membuka empat program studi umum yang dimohonkan.

“Rekomendasi ini selanjutnya menjadi bahan tindaklanjut oleh Kemendikti Ristek untuk menerbitkan keputusan pembukaan empat prodi umum tersebut,” katanya.

Prof Abidin menjelaskan, sesuai dengan arahan dari LLDikti Wikayah XVI bahwa keputusan pembukaan empat program studi umum oleh Kemendikti Ristek akan diterbitkan pada bulan Oktober 2022.

Dengan demikian, ujarnya, pada Januari 2023 UIN Palu telah dapat melakukan penerimaan mahasiswa baru empat program studi tersebut.

“Ini satu bentuk integrasi keilmuan yang dikembangkan oleh UIN Palu di mana memadukan antara ilmu umum dengan ilmu – ilmu agama,” sebutnya.

sumber : humas UIN Datokarama Palu