UIN Datokarama-Pemkab Morowali sosialisasikan moderasi beragama

Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu bersama Pemerintah Kabupaten Morowali bersinerji untuk menyosialisasikan moderasi beragama di wilayah kabupaten tersebut, dalam rangka meningkatkan situasi keamanan dan ketertiban, serta memperkuat kerukunan umat beragama.

“Kami telah bertemu dalam silaturahim dengan Bupati Morowali, dan alhamdulillah beliau merespons positif rencana kegiatan pengabdian masyarakat UIN Datokarama,” kata Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Datokarama Dr Muhtadin Mustafa, dihubungi dari Palu, Senin.

Muhtadin mengatakan pertemuan antara LP2M dengan Bupati Morowali Taslim, berlangsung di rumah jabatan bupati, di Bungku, pada Senin pagi. Pertemuan itu membahas tentang optimalisasi program pengabdian masyarakat LP2M UIN Datokarama yang melibatkan Pemkab Morowali.

Muhtadin menjelaskan program pengabdian masyarakat salah satunya bertujuan untuk meningkatkan kerukunan umat beragama, dengan pendekatan optimalisasi pembangunan wawasan moderasi beragama.

Teknisnya, sebut dia, UIN Datokarama melalui LP2M menurunkan kurang lebih 400 mahasiswa untuk melaksanakan kuliah kerja nyata di tiga kecamatan sebagai wilayah terpencil, di Kabupaten Morowali, meliputi kecamatan Bungku Selatan, Menui Kepulauan dan Bungku Pesisir.

“400 mahasiswa KKN ini akan disebar ke 47 desa di tiga kecamatan tersebut, yang didukung oleh Pemkab Morowali,” ujarnya.

“Mahasiswa KKN akan berada di tiga kecamatan tersebut selama sebulan penuh, mulai tanggal 17 Maret. Selama sebulan itu, salah satu muata program mereka adalah optimalisasi penmbangunan wawasan moderasi beragama, yaitu mereka menyosialisasikan tentang moderasi beragama kepada warga di perdesaan,” sebutnya.

Sosialisasi itu, sebut dia, juga di dalamnya telah termasuk menyosialisasikan tentang kelembagaan UIN Datokarama.

Selain itu, Muhtadi mengatakan, mahasiswa nantinya juga akan mengajar di sekolah-sekolah di perdesaan. Hal itu sebagai bentuk meminimalisir masalah kekurangan guru yang dihadapai oleh Pemkab Morowali.

“Bupati Morowali mendukung hal ini, dan beliau memberikan rekomendasi untuk pelaksanaan pengabdian masyarakat di tiga kecamatan tersebut,” ungkap Muhtadin.

Ia menambahkan, program yang sama, juga dilaksanakan oleh LP2M UIN Datokarama di enam desa binaan di empat kabupaten, meliputi dua desa di Kabupaten Sigi, dua desa di Parigi Moutong, satu desa di Kabupaten Donggala dan saty kelurahan di Kota Palu.

Sumber : humas UIN Datokarama Palu