Rektor: UIN Palu terus berbenah tingkatkan mutu akademik

Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, Prof Dr H Sagaf S Pettalongi MPd mengemukakan perguruan tinggi yang dipimpinnya harus terus berbenah untuk meningkatkan mutu akademik, sesuai semangat Hari Amal Bahkti (HAB) Kemenag Tahun 2022.

“Kita harus terus berbenah. Prestasi yang telah diraih harus dipertahankan. Dan secara bersamaan, perlu terus
berinovasi untuk mewujudkan UIN Palu dan Kementerian Agama yang lebih baik,” ucap Prof Sagaf Pettalongi, di Palu, Senin, di sela-sela upacara HAB Ke-76 Tahun 2022.

UIN Palu, kata Prof Sagaf adalah salah satu perguruan tinggi negeri di Sulteng yang berada di bawah naungan Kemenag. Karena itu, UIN Palu turut serta menopang pembangunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Pusat melalui Kemenag.

“Mari kita bekerja dengan baik, sebagai bentuk kontribusi kita terhadap pengembangan perguruan tinggi ini,” imbuh Prof Sagaf.

Hal ini sesuai dengan tagline peringatan HAB ke-76 Kemenag yaitu transformasi layanan umat, yang akan dengan cepat dan
mudah dilakukan. Transformasi yang dimaksud meliputi perubahan sikap dan perilaku yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Serta peningkatan sarana dan prasarana atau infrastruktur yang mempercepat dan mempermudah kinerja dalam memberikan layanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Kata Prof Sagaf, dua tahun ke depan, merupakan upaya untuk meletakkan pondasi atau dasar, untuk perjalanan pengembangan UIN Datokarama.

“Tranformasi kelembagaan dari IAIN menjadi UIN, tentu memberikan tantangan dan tuntutan masyarakat yang sangat besar, maka dibutuhkan gerak cepat, komitmen dan integritas yang kuat para unsur pimpinan, serta penguatan koordinasi, untuk pengembangan UIN,” ujar Prof Sagaf.

Maka, sebut dia, nilai-nilai dan anjuran agama perlu dijadikan sebagai inspirasi, serta sebagai penggerak yang dapat
meningkatkan daya kreativitas menopang pengembangan UIN Palu dan Kemenag.

Selain itu, sebagai ASN Kemenag, harus menjadikan lima nilai budaya kerja Kementerian Agama, yaitu integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab, dan keteladanan, menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi ASN.

Sumber : humas UIN Datokarama Palu