UIN Datokarama Palu Laksanakan Benchmarking di Universitas Pasundan Bandung

Bandung, 22 Desember 2025 – Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu melaksanakan kegiatan benchmarking di bidang Penjaminan Mutu, Outcome-Based Education (OBE), Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), dan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) dengan Universitas Pasundan pada Senin, 22 Desember 2025. Kegiatan ini merupakan langkah strategis untuk memperkuat tata kelola mutu, relevansi kurikulum, dan pengakuan kompetensi pembelajar.

Pada aspek Penjaminan Mutu, benchmarking menitikberatkan pada implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), penguatan budaya mutu melalui siklus PPEPP, integrasi hasil Audit Mutu Internal (AMI) dalam perencanaan peningkatan berkelanjutan, serta tata kelola dokumen mutu dan akreditasi.

Dalam bidang OBE, delegasi UIN Datokarama Palu mendalami praktik penerapan kurikulum berbasis capaian pembelajaran, pemetaan CPL–OP–PLO, penyusunan RPS berbasis OBE*, pengembangan rubrik penilaian, serta sistem evaluasi pembelajaran yang terukur dan terdokumentasi.

Sementara itu, benchmarking LSP difokuskan pada tata kelola pendirian dan pengembangan LSP, penyusunan skema sertifikasi, pengelolaan asesor kompetensi, serta integrasi sertifikasi dengan kebutuhan dunia kerja dan profil lulusan.

Pada aspek RPL, diskusi diarahkan pada kebijakan dan mekanisme pengakuan pembelajaran nonformal, informal, dan pengalaman kerja, termasuk prosedur asesmen, penjaminan mutu RPL, serta integrasinya dalam sistem akademik dan kurikulum.

Kegiatan benchmarking ini dirangkaikan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) sebagai payung kerja sama pengembangan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, peningkatan kapasitas SDM, serta penguatan sistem penjaminan mutu dan sertifikasi kompetensi.

Melalui kegiatan ini, UIN Datokarama Palu menegaskan komitmennya terhadap continuous quality improvement, penguatan daya saing lulusan, serta perluasan jejaring nasional yang berkelanjutan.

Sumber: Humas UIN Datokarama

Bagikan post ini