UIN Palu Genjot Prodi Menuju Akreditasi Unggul

Palu (Humas) – Rektor UIN Datokarama Palu, Prof. Dr. H. Sagaf S. Pettalongi, M.Pd. memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Pendampingan Akreditasi Program Studi Berbasis MBKM Menuju Akreditasi Unggul Universitas Islam Negeri Datokarama Palu. (Ahad tgl 20 Nopember 2022).

Narasumber pada kegiatan kali ini dari perwakilan Direktur kelembagaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, 
Riset, dan Teknologi RI yakni kepala lembaga layanan pendidikan tinggi (LLDIKTI) Wilayah XVI (GOSULUTTENG) Bapak Munawir Razak bersama Tim, sebagai perwakilan dalam pembinaan perguruan tinggi prodi umum di wilayah Gorontalo, Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah.

Turut hadir mendampingi Rektor, bapak Wakil Rektor I Prof. Dr. H.Abidin djafar, S.Ag M.Ag. dan para peserta terdiri dari teknisi pelaku penyusun borang dan MBKM UIN Datokarama Palu, yakni ketua LPM, para wadek I, para ketua prodi, dan tim penyusun prodi baru UIN Datokarama Palu.

UIN Datokarama Palu sengaja mengundang LLDIKTI dalam kegiatan tersebut karena baru saja UIN Datokarama Palu diberi lagi kepercayaan oleh kemendikbudristekdikti RI untuk mengelolah 3 program studi (prodi) umum melalui surat keputusan yakni prodi informatika, prodi Arsitektur dan prodi sistem informasi, yang hari ini sekaligus penyerahan SK prodi tersebut oleh kepala LLDIKTI kepada Rektor UIN Datokarama Palu.

Dengan terbitnya 3 SK prodi tersebut di atas berarti UIN Datokarama Palu tinggal menunggu 2 prodi lagi yang belum terbit SK-nya dari 5 prodi yang diusulkan yakni prodi kesehatan masyarakat dan prodi psikologi.

Tahun 2023 berbasis renstra akan mengusulkan lagi 3 prodi baru lagi yakni prodi bisnis digital, prodi kebencanaan, dan prodi pertambangan.

Gerak cepat dan tuntas atas pembukaan prodi tersebut di atas dibuka atas dasar aspirasi kebutuhan lokal, nasional, international dan semangat kesejajaran provinsi Sulawesi Tengah dengan provinsi maju di Indonesia.

Kurikulumya semua di rancang dan dibungkus dengan balutan moderasi sehingga alumninya berotak sains dan berakhlak mulia serta taat beribadah.

Out put kegiatan ini adalah terjadinya penyamaan persepsi dan tindak lanjut tentang langkah-langkah terhadap penyiapan Prodi baru menuju akreditasi baik sekali atau unggul tahun 2025.

Dalam rangka memasifkan menuju akreditasi baik sekali atau unggul prodi baru tersebut Rektor UIN Datokarama Palu segera menetapkan surat keputusan tempat melekatnya prodi sistem informasi dan prodi arsitektur pada fakultas di lingkungan UIN Datokarama Palu termasuk penetapan ketua prodinya. Selanjutnya akan ditetapkan pembukaan fakultas saintek di UIN Datokarama Palu.

Tiga Prodi yang sudah terbit SK dari kemendikbudriatek dikti akan menerima mahasiwa baru di mulai bulan Januari tahun 2023.

Sumber : humas UIN Datokarama Palu