UIN Datokarama optimalkan penyelenggaraan program studi arsitektur

Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, mulai mengoptimalkan penyelenggaraan program studi (Prodi) umum salah satunya program studi arsitektur untuk menjawab kebutuhan masyarakat dan menyesuaikan dengan tuntutan akademik.

“Langkah yang dilakukan setelah mendapat izin penyelenggaraan prodi arsitektur dari Kemendikbud Ristek Dikti yaitu, salah satunya mulai bersiap menerima mahasiswa baru,” kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga UIN Datokarama Prof Abidin Djafar, di Palu, Selasa.

Kata Prof Abidin, penyelenggaraan prodi arsitektur didasarkan pada Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi nomor 805/E/0/2022 tentang izin pembukaan program studi arsitektur jenjang sarjana. Keputusan tersebut diterbitkan pada tanggal 2 November 2022 di Jakarta.

Ia mengatakan dengan adanya izin penyelenggaraan prodi tersebut, maka pihaknya akan segera menyosialisasikan ke masyarakat bahwa UIN Datokarama telah memiliki dan membuka prodi umum arsitektur.

“Sosialisasi dan pembukaan prodi umum arsitektur untuk perekrutan mahasiswa baru mulai dilakukan sejak tahun ini, dioptimalkan mulai Desember 2022,” ujarnya.

Abidin menjelaskan bahwa prodi umum arsitektur yang dimiliki UIN Datokarama dalam implementasi pembelajarannya berbeda dengan prodi arsitektur yang ada pada perguruan tinggi umum.

Di mana, kata dia, UIN Palu mengkolaborasikan nilai – nilai agama dan aqidah dalam pembelajaran prodi umum arsitektur.

“Meskipun prodi umum, tetapi dalam pembelajarannya tetap menekankan pada aspek agama dan aqidah, misalnya proses belajar harus diawali dengan doa dan diakhiri dengan doa. Kemudian, dalam praktek juga harus diikutkan dengan doa. Jadi, mahasiswa akan terbiasa mengawali sesuatu dengan doa,” ujarnya.

Ia mengajak kepada seluruh komponen masyarakat di Sulawesi Tengah untuk memasukkan anaknya agar kuliah di prodi umum arsitektur yang ada di UIN Datokarama Palu.

“Jadi, mahasiswa tidak hanya mengerti tentang sains, tetapi juga harus memiliki kecakapan nilai – nilai agama, moral dan spiritual serta penguatan aqidah. Inilah yang dikolaborasikan oleh UIN Palu antara agama dan sains,” sebutnya.

Oleh karena itu, kata dia, disamping bersiap sosialisasi dan pembukaan penerimaan mahasiswa baru, pihaknya juga bersiap merampungkan kurikulum dan visi misi prodi tersebut menuju prodi unggul.

“Kami telah memiliki lima dosen arsitektur bergelar S2, ditambah dengan dosen yang memiliki keahlian penunjang pada bidang sains,” sebutnya.

Ia menambahkan, dalam waktu dekat pihak LLDikti Wilayah XVI akan melakukan pendampingan prodi arsitektur di UIN Datokarama Palu salah satunya pendampingan terhadap kurikulum untuk menuju prodi umum.

Saat ini UIN Datokarama Palu telah memiliki tiga prodi umum meliputi prodi arsitektur, informatika dan sistem informasi.

Sumber : humas UIN Datokarama Palu