UIN Datokarama gandeng Unesa kembangkan publikasi karya ilmiah

Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, menggandeng Universitas Negeri Surabaya (Unesa)untuk mengembangkan publikasi karya ilmiah milik dosen dan mahasiswa dua perguruan tinggi tersebut.

“Iya, kami telah menandatangani kerja sama dengan Unesa,” kata Kepala UPT Perpustakaan UIN Datokarama Palu Rifai, dihubungi dari Palu, Rabu, terkait pengembangan penerbitan dan publikasi karya ilmiah.

Pengembangan penerbitan dan publikasi karya ilmiah dilakukan oleh UPT Perpustakaan UIN Datokarama Palu bekerja sama dengan UPT Perpustakaan Unesa. Kerja sama itu ditandai dengan penandatanganan kesepahaman bersama tentang kerja sama bidang perpustakaan antara UPT Perpustakaan UIN Palu dengan UPT Perpustakaan Unesa, berlangsung di kampus Unesa, Rabu.

Di samping mengembangkan penerbitan dan publikasi karya ilmiah, sebut Rifai, kerja sama ini juga untuk mengembangkan hasil penelitian yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa.

Ia mengatakan bahwa kerja sama antara UPT Perpustakaan UIN Datokarama Palu dengan UPT Perpustakaan Unesa menjadi satu upaya dalam mengoptimalkan implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Oleh karena itu, ia menjelaskan, kerja sama tersebut juga mengakomodir kegiatan – kegiatan lokakarya, survey, seminar dan pelatihan, di samping juga melaksanakan pemagangan staf.

“Lewat kerja sama ini, disepakati akan melakukan pengembangan sumber daya manusia di masing – masing lembaga kedua belah pihak,” kata Rifai.

Rifai menyatakan bahwa pelibatan Unesa akan memberikan dampak positif khususnya pengembangan literasi perpustakaan, dukungan teknis program perkantoran, kepegawaian, dan sistem perpustakaan.

“Kerja sama ini di samping untuk menopang pembangunan mutu akademik, juga untuk mempererat hubungan kelembagaan,” sebutnya.

sumber : Humas UIN Datokarama Palu