Rektor UIN tegaskan alumni jangan jadi beban pembangunan daerah

Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, Prof Sagaf Pettalongi menegaskan kepada alumni perguruan tinggi tersebut agar tidak menjadi beban pembangunan daerah.

“Para alumni UIN Datokarama Palu agar tidak menjadi beban pembangunan, tetapi dapat menjadi pelaku dalam pembangunan bangsa,” kata Prof Sagaf Pettalongi dalam wisuda sarjana dan pascasarjana semester genap tahun akademik 2021/2022, di Palu, Kamis.

Guru Besar UIN Palu itu menyatakan alumni harus menjadi pelaku dalam pembangunan bangsa dan daerah khususnya dalam pembangunan sumber daya manusia.

Ia menyebut alumni UIN Palu dapat berperan dalam membangun akhlak, moral serta etika masyarakat, terutama para generasi muda.

“Para sarjana, magister dan doktor adalah kelompok terpelajar yang mestinya menjadi obor dalam menerangi masyarakat di sekelilingnya. Sebagai kaum terpelajar, kalian harus memiliki paradigma transformative yang berupaya melahirkan perubahan ke arah yang labih baik, bukan hanya untuk diri sendiri tetapi juga bagi masyarakat di sekitar anda. Kalian semua adalah agen perubahan sosial,” ungkap dia.

Prof Sagaf yang juga Wakil Ketua Umum MUI Sulteng menyatakan alumni UIN Datokarama Palu harus mampu menampilkan serta mengamalkan sifat dan perilaku beragama yang moderat di tengah-tengah masyarakat.

“Akhir-akhir ini, masyarakat kita dibingungkan oleh munculnya berbagai pemikiran keagamaan yang masing-masing mengklaim diri sebagai pemilik kebenaran dan menyalahkan pemikiran kelompok lain, saling menyesatkan, saling membid’ahkan, bahkan saling mengkafirkan,” sebutnya.

Dalam hal ini, katanya, para alumni diharapkan mampu menjadi penengah dalam mengatasi kekisruhan tersebut dengan cara-cara yang bijak dan bermartabat, bukan justru ikut menambah kekisruhan dan perpecahan.

Prof Sagaf juga mengatakan alumni UIN Datokarama Palu harus mampu menjadi garda terdepan dalam mencegah munculnya berita-berita hoax di masyarakat sebagai cerminan seorang intelektual yang bermoral dan bersikap moderat dalam merespon berbagai persoalan yang muncul.

UIN Palu mewisuda 741 sarjana dan pascasarjana yang terdiri dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan sebanyak 290 orang, Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwah 131 orang, Fakultas Syariah 95 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam 193 orang, Pascasarjana 29 orang magister, dan 3 orang doktor.

sumber : humas UIN Datokarama Palu