Digitalisasi Layanan Perpustakaan UIN Palu Permudah Mahasiswa

Palu (Humas) – Perpustakaan Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, menerapkan layanan digital untuk memudahkan mahasiswa dan dosen mencari dan meminjam buku/literatur ilmiah.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan UIN Datokarama Palu, Rifai di Palu, Kamis, mengemukakan lewat layanan digital yang disiapkan, mahasiswa dan dosen dapat mengakses buku/literatur ilmiah melalui komputer atau android.

“Saat ini sistem peminjaman buku di UPT Perpustakaan UIN Palu dapat dilakukan secara daring, sehingga mahasiswa dan dosen tidak perlu lagi ke gedung perpustakaan. Mereka cukup mengakses lewat android atau komputer,” ujar Rifai.

Rifai menjelaskan, agar mahasiswa dan dosen dapat mengakses buku dan literatur ilmiah lewat android, terlebih dahulu mendownload aplikasi UIN DATOKARAMA PALU di playstore.

Setelah aplikasi berhasil diunduh, kata dia, selanjutnya mahasiswa dan dosen harus membuka aplikasi tersebut untuk membuat akun serta memverifikasi data diri masing – masing di aplikasi itu.

“Nanti admin akan memproses data yang masuk lewat sistem, jika disetujui oleh admin, maka yang bersangkutan akan menjadi anggota perpustakaan secara otomatis dan berhak mengakses buku/literatur,” jelasnya.

Hingga saat ini, katanya, sebanyak 100 mahasiswa dan dosen telah menjadi anggota perpustakaan digital dan mengakses buku secara daring.

UPT Perpustakaan menyiapkan 1.000 judul buku dan literatur, yang dapat diakses secara daring oleh mahasiswa dan dosen.

Layanan digital dengan ketersediaan buku mencapai 1.000 judul, ujarnya, tersedia berkat kerja sama antara UIN Palu dengan PT Enam Kubuku.

“Kerja sama ini menghasilkan layanan digital dalam proses peminjaman buku di UPT Perpustakaan UIN Datokarama,” ungkap dia.

Ia menambahkan, buku yang termuat di dalam aplikasi perpustakaan digital sebagian besar disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa pada masing – masing program studi.

“Jangka waktu peminjaman yaitu seminggu, sehingga apabila lewat dari waktu tersebut, maka buku yang dipinjam akan kembali sendiri secara otomatis yang telah didesain oleh sistem,” ujarnya.

Ketika mahasiswa atau dosen mengklik buku di aplikasi maka akan muncul menu pinjam atau baca. Jika dipilih membaca maka buku itu langsung dapat dibaca.

Tapi jika diklik pinjam maka buku tersebut akan hilang dari daftar buku yang ada dalam aplikasi. Buku tersebut, masuk ke akun yang meminjam.

Terkait hal itu Rektor UIN Palu Prof Sagaf Pettalongi mengemukakan akan terus berupaya menambah literatur/buku yang ada di Perpustakaan termasuk di Perpustakaan Digital.

“Ini menjadi satu prioritas untuk menunjang pengembangan akademik dalam proses pembangunan manusia,” ujarnya.

sumber : humas UIN Datokarama Palu