Kuliah Umum : Dr. Anita Ahmad Kasim Jabarkan Peran Informasi dan Informatika Era Baru 5.0

Palu (Humas) – Alumnus Doktoral UGM Dr. Anita Ahmad Kasim, S.Kom, M.Sc, sebagai narasumber pada Kuliah Umum Tahun Akademik 2022/2023 UIN Datokarama Palu, menguraikan begitu besar peran dari bidang informasi dan informatika sebagai bagian dari system informasi yang mempengaruhi era sociality 5.0, saat ini.

Dr. Anita Ahmad Kasim, S.Kom, M.Sc, mengatakan, materi kuliah umum hari ini yang digelar dan difasilitasi oleh UIN Datokarama Palu meliputi integrasi kaidah keislaman dengan informatika.

“Terkait informatika ini, secara luas kita akan membahas bidang-bidang yang ada di bidang informatika dan juga di system informasi, nantinya kita akan melihat sejauh mana informatika berperan dalam revolusi dalam perubahan revolusi, baik dari revolusi industri sampai dengan perubahan masyarakat sociality 5.0,” ungkapnya.

Yang pastinya, kata dia, antara islam, informatika dan informasi pada akhirnya berujung kepada kemaslahatan hidup umat manusia, dimana agama islam sendiri sebagai agama rahmatan lil alamin.

Kemudian, karena perguruan tinggi UIN Datokarama Palu memiliki tujuan pada tahun depan sebagai awal membuka Program Studi (Prodi) umum baru informasi dan informatika, harapanya kedepan prodi yang dibentuk ini, kurikulumnya, risetnya, bentuk pengabdian kepada masyarakatnya, dapat mengadopsi nilai-nilai atau kaidah-kaidah keislaman yang ada di UIN Datokarama Palu itu sendiri.

“Akan tergambarkan nanti di kurikulum, penelitian riset dan pengabdian masyarakat,” jelas Dr. Anita Ahmad Kasim. (Mdr)

sumber : humas UIN Datokarama Palu