FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) FAKULTAS SYARIAH UIN DATOKARMAA PALU: REKONSTRUKSI KURIKULUM MENUJU IMPLEMENTASI MBKM

Palu, (16/08/2022), Focus Group Discussion (FGD) Fakultas Syariah UIN Datokarama Palu dihelat di Aula Dakwah. Pada kegiatan ini, menghadirkan pemateri dari  Kampus yang sudah berpengalaman dan telah mengimplementasikan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Suryadi Samudera, SE., MM, sebagai Ketua 3 Unit MBKM FEB Untad (Bidang Kewirausahaan, Riset dan Studi/Proyek Independen). Kehadirannya di FGD kali ini untuk sharing pengetahuan dan pengalaman dalam mengimplementasikan  MBKM pada kampusnya.

MBKM ini perlu segera ditindaklanjuti, selain sebagai suatu kebijakan, MBKM juga merupakan kebutuhan bagi mahasiswa agar mendapatkan layanan sehingga dapat mengembangkan potensinya sesuai dengan tuntutan jaman. Sebagai kebijakan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi  Kementerian Pendidikan, Kebudayan, Riset dan Tekonologi di Jakarta dalam suatu kesempatan menghimbau kepada seluruh perguruan tinggi di jenjang pendidikan tinggi akademik agar dapat melakukan penyesuaian kurikulum dan meningkatkan mutu proses pembelajaran sesuai dengan SN-Dikti dan mendukung program MBKM.

Senafas dengan kebijakan itu, Dekan Fakultas Syariah Dr. Ubay, M.SI, menyampaikan bahwa kegiatan kali ini merupakan FGD lanjutan yang sudah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu, yaitu tanggal 21 Juli 2022. Kegiatan ini sangat penting untuk mengimplementasikan MBKM pada semester ganjil yang akan datang. Dekan berharap FGD kali ini adalah: Pertama, fokus pada bagaimana implementasi MBKM pada kurikulum syariah; kedua, terkait dengan dimensi waktu yang ideal terhadap pelaksanaannya; ketiga,  bagaimana pelaksanaan MBKM terkait dengan magang.

FGD MBKM yang dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Prof. Dr. Abidin.,M.Ag., menyampaikan apresiasi yang tinggi dan sekaligus mendorong peserta FGD merumuskan kurikulum yang mudah di dalam pelaksanaannya. Sebagaimana diketahui bahwa pelaksanaan MBKM itu secara teknis  terdiri atas 60% mata kuliah Fakultas dan 20% mata kuliah di luar Fakultas.

FGD yang bertema Rekontruksi Kurikulum Fakultas Syariah Dalam Rangka Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) UIN Datokarama Palu diikuti oleh 55 peserta baik yang berasal dari interen Fakultas Syariah maupun dari luar Fakultas Syariah yang ada di UIN Datokarama Palu yakni dosen-dosen muda.(SM)