UIN Datokarama Tumbangkan Tuan Rumah di Cabor Taekwondo Pesona PTKN

Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, berhasil menumbangkan tuan rumah UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jawa Barat, pada cabang olahraga taekwondo Pekan Seni Olahraga Nasional (Pesona) ke- tahun 2022 yang diikuti Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) se-Indonesia. “Iya, UIN Palu unggul pada cabang olahraga taekwondo kategori poomsae tunggal putri,” ucap Humas UIN Datokarama Muhdar Ibrahim, dihubungi dari Palu, Rabu malam (10/8).

Pada kategori poomsae tunggal putri, UIN Datokarama menurunkan atlet bernama Firdha Nurul Aswa yang merupakan mahasiswi semester enam pada Fakultas Syariah. Firdha bersaing dengan atlet UIN Bandung serta 21 atlet lainnya dari 21 PTKN pada babak penyisihan. Ia menampilkan jurus/poomsae taebaek dengan sempurna pada babak penyisihan tersebut. Kemampuannya untuk konsentrasi dan percaya diri dalam menampilkan jurus taebaek, membuat ia lolos ke babak semi final. Begitu pula dengan Atlet UIN Bandung yang berhasil lolos ke babak yang sama.

Di babak semi final, Firdha mulai menunjukkan seluruh kemampuannya dan lebih percaya diri menampilkan jurus poomsae pyongwon dan koryo, saat bersaing dengan 11 atlet dari 11 PTKN termasuk UIN Bandung pada babak tersebut. Peragaan jurus yang sempurna dilakukan Firdha pada pertandingan tersebut, mengantarkan dirinya lolos ke babak final.

Firdha yang telah lama berkecimpun di dunia bela diri melalui Club Taekwondo Family Palu, berhasil meraih 7.420 poin pada babak final, menumbangkan atlet UIN Bandung yang hanya mampu berada di peringkat empat dengan perolehan 7.180 poin. Perolehan nilai tersebut sekaligus mencatatkan namanya sebagai atlet putri peraih medali emas untuk kategori poomsae tunggal putri cabang olahraga taekwondo pada Pesona I tahun 2022.

Firdha Nurul Aswa sebelumnya juga berhasil meraih medali emas pada kejuaraan nasional taekwondo bertajuk “Sentral Selebes III Taekwondo Open Tournamen Indonesia 2022” yang digelar di Palu, 29 – 31 Juli 2022.  Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (DIKTIS) menyelenggarakan Pesona I Tingkat Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) tahun 2022 yang dipusatkan di UIN Sunan Gunung Jati Bandung, Jawa Barat, 8 – 13 Agustus 2022. Pesona merupakan ajang dua tahunan yang rutin dilaksanakan oleh Kementerian Agama, yang salah satu tujuannya untuk mengasah bakat dan minat mahasiswa/mahasiswi PTKN.

 

Sumber : humas UIN Datokarama Palu