Tahun Ini, Jumlah Hewan Qurban yang Disembelih Keluarga Besar UIN Datokarama Palu Lebih Meningkat

Palu (Humas UIN Datokarama Palu) – Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu memiliki komitmen yang kuat dalam upaya kepedulian kepada sesama muslim di hari Raya Idul Adha 1443 H, dengan menyalurkan 15 ekor Sapi sebagai hewan yang akan di kurbankan.

UIN Datokarama Palu sendiri, setiap tahunnya terus melakukan peningkatan dalam jumlah hewan kurban yang disembelih, sebagai semangat berkurban untuk mengikuti sunnah nabi Ibrahim dan dalam rangka untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Rektor UIN Datokarama Palu Prof. Dr. H. Sagaf S. Pettalongi, M.Pd, menjelaskan, tahun ini ada peningkatan jumlah kurban atau sebanyak 15 Ekor Sapi hewan kurban yang akan disembelih, dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya.

Hal ini, lanjut Prof. Dr. Sagaf, menunjukkan kalau semangat berkurban tidak lain untuk mengikuti sunnah nabi Ibrahim serta guna mendekatkan diri pada Allah SWT dalam meraih berkah dan ridha-Nya.

“Sekaligus sebagai wujud kepedulian dan solidaritas kepada sesama manusia, dengan membagikan daging qurban kepada yang membutuhkan,” sebut Prof. Dr. Sagaf. Sabtu (9/7/2022).

“Berqurban sesungguhnya tidak hanya berdimensi ubudiyah vertikal saja, akan tetapi juga berdimensi sosial horizontal. Bukan hanya wujud ketaatan untuk masahah ukhrawi, tetapi juga wujud kemaslahatan duniawi dengan semangat berbagi pada sesama,” sambung Prof. Dr. Sagaf.

Sementara itu, Wakil Rektor II UIN Datokarama Palu Dr. H. Kamaruddin menguraikan, bahwa 15 hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah yang sudah dipastikan bebas dari penyakit mulut dan kuku.
“Sebelum disembelih harus dipastikan terlebih dahulu bahwa hewan yang akan dikurbankan memenuhi syarat serta bebas dari PMK. Tentu hewan yang akan dikurbankan telah diperiksa terlebih dahulu oleh ahli pada bidang kesehatan hewan,” kata Warek II.

Tahun 2021, jumlah hewan kurban yang disembelih sebanyak 5 ekor sapi, sementara pada tahun 2022, tahun ini sebanyak 15 ekor sapi, yang semuanya merupakan hewan kurban dari tenaga kependidikan dan dosen di lingkungan UIN Palu.

“Peningkatan qurban dari keluarga besar UIN Datokarama Palu semakin menunjukkan kesadaran tinggi, dan juga sebagai simbol kasih sayang kepada sesama sebagai umat beragama, bahwa keberhasilan itu karena ditopang oleh sesama manusia yang ada di sekitar kita. Untuk itu, kewajiban kita sebagai umat Islam yang memiliki kelebihan rezeki untuk melaksanakan kewajiban berkurban di hari raya kurban tahun ini,” tutupnya.

sumber : humas UIN  Datokarama Palu