KONSORSIUM KEILMUAN FAKULTAS SYARIAH

Humas Fasya_Kamis (08/06/2022) Fakultas Syariah menggelar Konsorsium Keilmuan Fakultas Syariah dengan Tema “ Peran Konsorsium Dalam Upaya Pengembangan Keilmuan Dosen Fakultas Syariah”. Kegiatan ini dilaksanakan selama 1 hari yang bertempat di Aula Dakwah UIN Datokarama Palu. Maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah sebagai wadah atau saranan untuk  meningkatkan kerjasama dosen dalam pengembangan keilmuan dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan dan pengajaran. Selain itu, konsorsium juga untuk merekonstruksi kurikulum Fakultas Syariah IAIN Palu ke kurikulum Fakultas Syariah UIN Datokarama Palu yang mengadopsi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Penggerak dalam kegiatan Konsorsium ini, yakni dosen muda Fakultas Syariah sebagai ketua dan sekretaris panitia “Mohammad Nawir, S.Ud., M.A. dan Nurinayah, Lc., M.H”. Peserta yang dihadirkan pada kegiatan ini sebanyak 60 orang selain dosen Fakultas Syariah juga menghadirkan dosen muda antar Fakultas yang ada di lingkungan UIN Datokarama Palu

Pada kegiatan Konsorsium ini, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan UIN Datokarama Palu, Prof. Dr. H. Abidin, M.Ag. menyampaikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Konsorsium Keilmuan Fakultas Syariah, yang menghadirkan pemateri dari Universitas Islam Negeri Makassar sesuai bidang ilmunya masing-masing melalui Zoom Meetting.  Sebagai penguatan, Warek 1 menyampaikan tiga hal penting, yaitu: 1 Sangat mengapresiasi kegiatan konsorsium yang dilaksanakan oleh Fakultas Syariah karena kurikulum yang ada masih kurikulum IAIN; 2 Diharapkan kepada para dosen Fakultas Syariah agar serius dalam mengikuti kegiatan ini; dan yang ke-3 Kerjakan dan jalankan  tugas kita dengan penuh rasa tanggungjawab tanpa beban, senang dan selalu bahagia.

Sementara itu, Dekan Fakultas Syariah Dr. Ubay, M.SI. berharap konsursium keilmuan Fakultas Syariah UIN Datokarama Palu menghasilkan tiga hal strategis, yaitu: 1 Dapat merekonstruksi Kurikulum Perguruan Tinggi Fakultas Syariah UIN Datokarama Palu sesuai dengan kerangka KKNI dan Visi Misi Universitas Datokarama Palu, 2 Dapat mengembangkan profesionalitas dosen Fakultas Syariah sehingga dapat melaksanakan tridarma perguruan tinggi sesuai dengan keahlian masing-masing, 3 Dapat menyelaraskan kurikulum Fakultas Syariah melalui pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Terakhir, bahwa semua kegiatan dapat dijalankan secara maksimal demi kemajuan Fakultas Syari’ah UIN Datokarama Palu. (SM)