MoU UIN Datokarama Palu Dengan IAIN Kendari Ditindaklanjuti dengan MoA

Humas (Palu) – Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu telah menandatangani nota kesepahaman Memorandum Of Understanding (MoU) dengan IAIN Kendari, beberapa waktu lalu.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama UIN Datokarama Palu, Dr. Mohamad Idhan, mengatakan, setelah sebelumnya dilakukan penandatangan kerjasama MoU yang telah di jalin antara kedua belak pihak, baik Rektor UIN Datokarama Palu bersama dengan  Rektor IAIN Kendari, perlulah kiranya ditindaklanjuti dengan kesepakatan Memorandum Of Agreement (MoA).

Hal ini sebut Dr. Mohamad Idhan, agar seluruh tahapan-tahapan terkait dengan action, yang menjadi fokus utama dalam tindaklanjut dari membangun kerjasama tersebut, sudah dapat di laksanakan oleh kedua lembaga.
“Kita berharap MoU ini bukan hanya sekedar tanda tangan, selesai, bukan itu yang kita butuhkan sebenarnya, yang kita butuhkan action dilapangan,” ungkap Dr. Mohamad Idhan, Kamis (19/5/2022).

“Kita sudah tawarkan sejumlah program kepada mereka. Ada dua program yang sudah kita tawarkan, diantaranya KKN Kolaborasi dan program moderasi beragama. Kita masih menunggu jawaban dari mereka, kalau kita sudah siap,” sambung Dr. Mohamad Idhan.
Di samping dua program yang telah ditawarkan, lembaga atau unit-unit yang ada di UIN Datokarama Palu pun bisa melakukan komunikasi efektif secara teknis kepada IAIN Kendari, terkait dengan program unggulan yang ada di masing-masing unit atau lembaga tersebut.

“Misalnya bisa juga nanti bangun komunikasi yang baik antara fakultas Tarbiyah yang ada di UIN Datokarama Palu dengan IAIN Kendari. Begitu sebaliknya dengan lembaga lainnya,” sebutnya.
Untuk itu, tegas Dr. Mohamad Idhan, percepatan langkah ini seyogyagnya sudah bisa dituangkan dengan adanya Perjanjian Kerja Sama (PKS) dalam waktu dekat, diantara kedua lembaga tadi.
“Kita harapkan demikian, karena itu tadi, kita butuh action dilapangan, sehingga terjadi sinergitas yang bermanfaat kepada kedua lembaga,” ungkap Dr. Mohamad Idhan.

Sumber : humas UIN Datokarama Palu