Wakil Rektor: 1.772 siswa mendaftar di UIN Palu melalui jalur SPAN

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, Prof Abidin Djafar mengemukakan 1.772 siswa dari berbagai SLTA sederajat mendaftar di UIN Palu sebagai salah satu PTKIN melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN).

“Jumlah pendaftar/peminat UIN Palu melalui jalur SPAN tahun 2022 ini berjumlah 1.772 siswa. 1.772 siswa yang terdiri dari 1.364 memilih PTKIN I dan 300 lebih memilih PTKIN 2,” ucap Prof Abidin Djafar, di Palu, Kamis (14/4/2022).

Berdasarkan data bagian akademik, kata dia, peminat perguruan tinggi Islam negeri tersebut setiap tahunnya mengalami peningkatan.Tahun 2019 jumlah peminat melalui jalur SPAN 1.250 orang, 2.442 orang, tahun 2021 hampi mencapai angka 2.000 dan tahun 2022 berjumlah 1.772 siswa.

Atas peningkatan jumlah pendaftar, Kementerian Agama (Kemenag) memberikan penghargaan kepada UIN Datokarama Palu tahun 2021 yang saat itu perguruan tinggi tersebut masih berstatus Institut Agama Islam Negeri (IAIN). Penghargaan itu meliputitren kenaikan pendaftar Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN).

Prof Abidin menerangkan, peserta yang telah mendaftar selanjutnya akan mengikuti beberapa tahapan seleksi untuk memastikan dapat lulus di pilihan pertama ataukah ke dua.

Ia optimis bahwa UIN Datokarama dapat mencapai target kuota mahasiswa baru per prodi yang diberikan oleh Kementerian Agama melalui SPAN.

“Berdasarkan data yang dimiliki dari 24 program study, semua prody sudah melebihi kuota pendaftar jalur SPAN,” kata dia.
Abidin mengatakan Panitia Pusat telah melakukan proses verifikasi dan hasilnya segera dibahas pada sidang yudisium atau rapat penentuan kelulusan.

Sementara itu Kepala Sekretariat SPAN UM PTKIN 2022 Mukhsin Jamil mengemukakan setelah dilakukan proses vinalisasi, total ada 172.971 pendaftar yang mengikuti proses seleksi SPAN PTKIN 2022.

Mukhsin menjelaskan, SPAN PTKIN diikuti siswa dari 10.927 lembaga, tardiri atas: 76.874 SMA, 82.342 MA (Madrasah Aliyah), 13.207 (SMK), 511 (Pesantren), dan 37 lembaga lainnya (paket C). Proses SPAN-PTKIN berbasis sistem. Sehingga, secara otomatis akan menyeleksi keseluruhan siswa berdasarkan rapot dan prestasi, lalu dirangking sesuai kebutuhan kuota.

Program Studi Ekonomi Syariah, Manajemen Keuangan Syari’ah, dan Perbankan Syariah menjadi favorit pilihan pendaftar. Prodi favorit lainnya adalah Pendidikan Agama Islam serta Bimbingan dan Konseling Islam.

“Saat ini proses SPAN-PTKIN telah memasuki tahap finalisasi. Para Rektor PTKIN di seluruh Indonesia sekarang berkumpul di Jakarta untuk melakukan sidang yudisium atau rapat penentuan kelulusan,” jelasnya.

“Hasilnya akan diumumkan pada Jumat, 15 April 2022 pukul 14.00 WIB,” lanjutnya.

Ketua Panitia SPAN UMPTKIN yang juga Rektor UIN Walisongo Imam Taufiq bersyukur proses seleksi melalui jalur SPAN PTKIN telah berjalan dengan baik. Menurutnya, tahapan ini berjalan sesuai dengan kaidah penjaminan mutu penerimaan mahasiswa baru.

Sumber : humas UIN Datokarama Palu