Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
#berMutudanberDayaSaing #KuliahPTKIN #ItsMyDream

PENANDATANGANAN MoU DAN MoA

ANTARA FAKULTAS SYARIAH UIN DATOKARAMA PALU DENGAN

FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM UIN SUKA YOGYAKARTA

Rapat Kerja (Raker) UIN Datokarama Palu yang dilaksanakan di Yogyakarta pada tanggal 24 – 26 Maret 2022 merupakan momen strategis dan berkah bagi Fakultas Syariah UIN Datokarama Palu untuk menjalin kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi ternama yang ada di Kota Pendidikan, Yogyakarta. Sebagaimana diharapkan oleh Rektor UIN Datokarama Palu, Prof. Dr. H. Sagaf S. Pettalongi, M.Pd., agar jauh-jauh hari fakultas sudah melakukan penjajakan dan mempersiapkan materi kerjasama yang akan dituangkan di dalam dokumen kerjasama untuk ditandatangani dengan beberapa mitra perguruan tinggi yang ada di Yogyakarta.

Dekan Fakultas Syariah UIN Datokarama Palu Dr. Ubay, S.Ag., M.SI, menindaklanjuti himbauan Rektor dengan melakukan kerjasama dengan Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Prof. Dr. H. Makhrus, SH., M. Hum, pada Jumat, 25 Maret 2022 bertempat di gedung Fakultas Syariah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dalam kegiatan penandatangan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding, MoU) dan Nota Kerjasama (Memorandum of Agreement, MoA). Turut hadir mendampingi dan menyaksikan kegiatan penandatangan tersebut adalah dari masing-masing pejabat dari kedua Fakultas, yakni para Wakil Dekan dan Kepala Bagian.

Nota kesepahaman yang sudah disepakati itu merupakan induk atau payung dari perjanjian kerjasama yang disusun secara tersendiri untuk setiap bidang kerjasama yang akan dilaksanakan dan atau ditindaklanjut oleh program Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu dan Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Adapun ruang lingkup dari perjanjian kerjasama tersebut meliputi bebarapa bidang. Diantaranya adalah 1) membangun konsorsium bidang Ilmu Syariah dan Ilmu Hukum; 2) kesepahaman bermitra dalam pengembangan dan penguatan akademik dan akreditasi program studi di lingkungan fakultas; 3) bermitra untuk penguatan riset penelitian dan publikasi ilmiah; 4) bermitra melaksanakan pengabdian pada masyarakat dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Nasional; serta 5) seminar dan forum ilmiah bersama dan Visit and Exchange Lecturers. Pada pelaksanaan nota kesepahaman dan kerjasama yang telah ditandatangani tersebut akan menjadi komitmen untuk ditindaklanjuti secara nyata pada kedua Universitas, khususnya kedua Fakultas, untuk memajukan lembaga masing-masing. (SM_Humas Fasya).