UIN Palu jajaki kerja sama UKM tingkatkan mutu akademik

Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, menjajaki kerja sama dengan Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM) untuk pengembangan lembaga dan peningkatan mutu akademik dua perguruan tinggi tersebut.

“Kami berharap ada tindaklanjut dari sosialisasi ini, yaitu adanya kerja sama UIN Palu dengan Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM),” kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama UIN Datokarama Palu, Dr Mohammad Idhan, di Palu, Senin.

Pihak Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM) yang terdiri dari Officer South East Asia, Mohd Romaini Khaidir Baharom, dan Marketing Officer UKM Muhammad Taufik Sulaiman, menyosialisasikan program pascasarjana UKM kepada komponen civitas akademik UIN Datokarama Palu, di Palu, Senin.

Idhan menilai sosialisasi program pascasarjana Universitas Kebangsaan Malaysia memberikan informasi kepada civitas UIN Palu agar lebih mengenal keunggulan pascasarjana Universitas Kebangsaan Malaysia.

“Kami juga berharap, sekembalinya tim sosialisasi UKM ke Malaysia, dapat membawa kesan baik dan menyampaikan pesan yang baik kepada keluarga dan komponen civitas UKM tentang UIN Datokarama Palu,” ujarnya.

Idhan juga menyebut, sosialisasi program pascasarjana UKM, diahrapkan dapat berdampak langasung adanya alumni UIN Datokarama Palu yang melanjutkan program pascasarjana di UKM, sebaliknya adanya mahasiswa atau alumni UKM yang melanjutkan study di UIN Palu.

“Tentu ini harus ada kerja sama. Kami sudah berkomunikasi dengan pihak UKM untuk kerjasama peningkatan mutu akademik, yang ditindaklanjuti dengan pertemuan-pertemuan dua pihak terlebih dahulu sebelum penandatanganan MoU,” katanya.

Sementara itu, Officer South East Asia Universitas Kebangsaan Malaysia Mohd Romaini Khaidir Baharom menyatakan bahwa pihaknya telah membangun kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di Kota Palu, salah satunya dengan Universitas Tadulako.

Ia juga berharap ada kerja sama antara UKM dengan UIN Datokarama Palu pada bidang penelitian, pengabdian masyarakat dan sebagainya.