UIN Datokarama segera wisuda 500 mahasiswa secara drive thru

Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, segera mewisuda 500 mahasiswa program strata satu, dua dan tiga, tahun akademik 2021/2022 secara drive thru untuk pencegahan penularan COVID-19.

“Pelaksanaan wisuda ini akan digelar di luar gedung di Kampus II UIN Datokarama di Kabupaten Sigi,” ucap Wakil Rektor Bidang Akademik UIN Datokarama Prof Abidin Djafar, dihubungi di Palu, Selasa.

Prof Abidin mengatakan panitia telah menjadwalkan pelaksanaan wisuda strata satu, dua dan tiga akan berlangsung pada tanggal 23 Maret 2022 di Sigi.

Saat ini, ujar dia, mahasiswa strata satu, dua dan tiga, sedang menyelesaikan beberapa tahapan menuju wisuda, salah satunya yakni ujian skripsi, tesis dan disertai/promosi doktor.

“Saat ini sudah mencapai kurang lebih 400 orang yang sudah ujian, dan mempersiapkan administrasi untuk mengikuti wisuda,” kata dia.

Ia menerangkan, berdasarkan perkembangan situasi dan kondisi COVID-19, Kabupaten Sigi dinyatakan oleh pemerintah masuk dalam PPKM level tiga. Bahkan, pemerintah daerah setempat telah mengeluarkan edaran untuk PPKM level tiga.

Untuk kelancaran acara wisuda tersebut, kata dia, UIN Datokarama Palu berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi mengenai teknis pelaksanaan wisuda dengan tetap mengacu pada edaran pemerintah berkaitan dengan penerapan protokol kesehatan.

“Panitia wisuda sedang berkordinasi dan menyiapkan segala persyaratan untuk izin pelaksanaan wisuda di masa PPKM level tiga,” ujarnya.

“UIN Datokarama tentu juga akan menyiapkan segala sarana terkait dengan penerapan protokol kesehatan meliputi penyediaan sarana pemeriksaan suhu tubuh, cuci tanga, dan pengaturan jarak,” tambahnya.

Ia menambahkan, model wisuda secara drive thru yang dipilih oleh panitia, sebagai bentuk komitmen UIN Datokarama menghindari penularan COVID. Karena dengan konsep drive thru, tidak akan ada kerumunan besar, serta adanya pembatasan jumlah undangan.

“Wisuda ini juga akan dilaksanakan secara online. Konsep drive thru untuk wisuda tahun ini, merupakan wisuda ke tiga yang kami laksanakan di Kampus II UIN Datokarama di Sigi,” ungkapnya.

Sumber : humas UIN Datokarama Palu