Rektor: UIN Datokarama di Sigi jadi kampus utama

Rektor Univeristas Islam Negeri (UIN) Datokarama, Sulawesi Tengah, Prof Dr H Sagaf S Pettalongi MPd, mengemukakan kampus dua UIN Datokarama di Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, akan menjadi kampus utama.

“Sesuai dengan rencana pengembangan yang telah disusun, kampus dua UIN Datokarama di Sigi akan menjadi kampus utama,” ucap Prof Sagaf S Pettalongi, di Sigi, Selasa.

UIN Datokarama memiliki dua lokasi kampus, kampus satu terletak di Kota Palu dengan luas lahan kurang lebih lima hektare. Sementara kampus dua terletak di Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, dengan luas lahan kurang lebih 20 hektare.

Prof Sagaf mengatakan Sigi menjadi lokasi strategis pengembangan kampus tersebut, yang saat ini terus dilakukan pembangunan gedung perkuliahan dan gedung administrasi di lokasi tersebut.

Saat ini di lokasi kampus dua, terdapat lima gedung yang telah difungsikan oleh komponen civitas akademik UIN
Datokarama. Selain lima gedung berlantai tiga tersebut, UIN Datokarama juga sedang membangun dua gedung layanan administrasi di lokasi tersebut.

“Kami telah mengusulkan penambahan pembangunan gedung ke Kementerian Agama untuk tahun 2022,” sebut Prof S
agaf yang juga Waketum MUI Provinsi Sulteng.

Prof Sagaf mengemukakan pengembangan UIN Datokarama di Kabupaten Sigi, akan lebih optimal dengan adanya dukungan dari Bupati Sigi Mohamad Irwan yang bersedia menghibahkan lahan untuk kampus tersebut seluas 40 hektare.

“Dengan begitu seluruh komponen UIN Datokarama akan beraktifitas penuh setiap hari di Sigi untuk pelayanan akademik, pelayanan kepada masyarakat, dan optimalisasi pengembangan keilmuan dan kontribusi untuk daerah,” sebutnya.

Ia menerangkan bila seluruh aktifitas komponen civitas akademik UIN Datokarama telah dipusatkan di Sigi, maka kampus satu di Kota Palu akan dibenahi kembali dijadikan sebagai salah satu sumber pendapatan kampus tersebut.

“Dalam rencana pengembangan kampus satu akan dijadikan sebagai sumber pendapatan Badan Layanan Umum (BLU), yaitu kampus satu kita jadikan hotel syariah,” ujar Prof Sagaf.

Bupati Sigi Mohamad Irwan mengatakan Pemkab Sigi siap membantu pengembangan UIN Datokarama, termasuk membantu dalam penyediaan lahan untuk perluasan pembangunan sarana dan infastruktur kampus.

Sumber : humas UIN Datokarama Palu