Inovasi Kemenag Berbuah Manis, Jemaah Haji Makin Puas

Palu (UIN Datokarama) – Rektor UIN Datokarama Palu Prof. Dr. H. Lukman S. Thahir, M.Ag mengucapkan syukur yang mendalam atas meningkatnya Indeks Kepuasan Jemaah Haji Indonesia (IKHJ) pada tahun 2024. Peningkatan ini naik signifikan dibanding tahun 2023. Hal ini menurutnya tidak lepas dari perhatian dan komitmen kementerian agama terhadap pemberian layanan prima dan unggul terhadap umat beragama, khususnya dalam hal ini layanan Jemaah haji. 

Prof. Lukman menuturkan Kinerja Kementerian Agama tahun ini menerima respons positif dari masyarakat berkat pelayanan haji yang baik. Hal tersebut diungkapkan di Palu Jum’at, 20 September 2024.

“Hal ini dapat dilihat dari Indeks Kepuasan Jemaah Haji Indonesia tahun ini (2024) yang naik signifikan dibanding tahun sebelumnya. Pelayanan yang memuaskan ini mencakup transportasi, akomodasi dan layanan kesehatan khususnya pada Jemaah lansia,” ungkapnya.

Inovasi yang menjadi nilai budaya kerja Menteri Agama tampak terimplementasikan dalam upaya memberikan pelayanan yang unggul terhadap Jemaah haji Indonesia.

Berbagai program yang dijalankan bagi jemaah haji tahun ini tampak berjalan efektif dan efisien, hal ini menandai bahwa Menteri Agama mampu secara sigap merespons kebutuhan jemaah haji sesuai dengan perkembangan dan tuntutan yang ada.

Apresiasi dari berbagai pihak dalam penyelenggaraan ibadah haji di Indonesia sepatutnya memberikan spirit terhadap seluruh pihak yang terlibat untuk terus bekerja memberikan layanan yang berkualitas dan mampu mempertahankan pencapaian yang unggul ini. Dengan demikian Indonesia dinilai semakin sukses dalam penyelenggaran haji di kancah internasional.

“Sebagai insan dalam Kementerian Agama, kami sangat mengapresiasi kinerja luar biasa Kementerian Agama dalam penyelenggaraan pelayanan haji Indonesia tahun 2024. Komitmen kementerian dalam meningkatkan kualitas layanan, mulai dari pembinaan jamaah hingga fasilitas selama pelaksanaan haji, sangat terasa,” lanjut Prof. Lukman.

Terobosan-terobosan yang dilakukan, termasuk digitalisasi pelayanan dan peningkatan kenyamanan jamaah, telah memberikan dampak positif yang signifikan. Jamaah haji tahun ini dapat melaksanakan ibadah dengan lebih khusyuk dan lancar berkat persiapan matang serta profesionalisme tim Kementerian Agama.

“Semoga keberhasilan ini terus berlanjut di tahun-tahun mendatang,” tutup guru besar pemikiran Islam tersebut.