UIN Palu Manfaatkan PWN Kenalkan Potensi Akademik dan Daerah Sulteng

Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah memanfaatkan Perkemahan Wirakarya Nasional (PWN) Ke-XVI yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama, untuk mengenalkan potensi akademik kampus tersebut sekaligus mengenalkan potensi daerah.

“Ini menjadi misi untuk mengenalkan keunggulan kita secara akademik, dan keunggulan daerah kita Sulawesi Tengah,” ucap Rektor UIN Palu Profesor Sagaf Pettalongi, dihubungi dari Palu, Kamis.

PWN Ke-XVI tahun 2023 diselenggarakan oleh Kemenag di Gorontalo. Kemenag menunjuk Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo sebagai tuan rumah penyelenggara.

PWN Ke-XVI akan berlangsung mulai tanggal 22 – 27 Mei 2023, diikuti seluruh Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) se-Indonesia yang berada di bawah naungan Kementerian Agama.

Kata Rektor Profesor Sagaf, PWN yang merupakan kegiatan dua tahunan Kemenag, menjadi satu media promosi keunggulan potensi akademik PTK sekaligus promosi potensi keunggulan daerah.

Dengan demikian, PTK seluruh Indonesia dapat mengenalkan keunggulan – keunggulan yang dimiliki secara akademik serta memamerkan potensi wisata dan budaya yang ada di masing – masing daerah pada momen PWN Ke-XVI.

Oleh karena itu, kata Rektor, PWN bukanlah suatu ajang seremoni, melainkan menjadi satu representatif dari komitmen dan konsisten Kemenag dalam mengembangkan potensi PTK.

Di samping itu, ujar Rektor, melalui PWN para kaum intelektual yang berasal dari seluruh PTK se-Indonesia saling kenal dan mengenal satu dengan lainnya, sehingga akan terbangun kesadaran kolektif dan komitmen bersama untuk menjaga NKRI.

“Dengan demikian, PWN sesungguhnya merupakan satu upaya Kemenag dalam rangka merawat persatuan dan kesatuan di tengah kemajemukan nusantara,” ungkap Rektor.

Rektor mengimbau kepada kontingen UIN Palu agar menjaga nama baik perguruan tinggi di PWN Ke-XVI, dengan menjalin hubungan sesama PTK.

Terkait hal itu, Pimpinan Kontingen UIN Palu Doktor Moh Idhan mengemukakan bahwa kontingen UIN Palu di dominasi mahasiswa dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Racana Karamatul Husna berjumlah 20 orang.

Para mahasiswa sebelumnya, ujar dia, telah dibekali dengan berbagai muatan di antaranya meliputi kompotensi akademik dan keunggulan daerah.

“Kontingen ini merupakan mereka yang telah diseleksi, oleh karena itu kontingen siap memberikan yang terbaik dan menjaga nama baik UIN Palu,” katanya.

Dengan begitu, ujarnya, kontingen UIN Palu siap berkompetisi secara profesional dalam PWN Ke-XVI di Gorontalo.

Ia menambahkan, kontingen UIN Palu akan berangkat menuju Gorontalo pada tanggal 20 Mei dan kembali ke Palu tanggal 27 Mei 2023.

Sumber: Humas UIN Palu