UIN Datokarama Beri Penghargaan Kepada Wisudawan Berprestasi Terbaik

Palu (Humas UIN Datokarama Palu) – Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama memberikan penghargaan kepada wisudawan dan wisudawati yang berprestasi terbaik dalam menjalani proses perkuliahan tingkat S1, S2, dan S3.

“Jadilah orang-orang yang profesional dalam bidang anda masing-masing sesuai dengan program studi dan keilmuan yang saudara miliki dengan dibarengi akhlak yang terpuji,” ucap Rektor UIN Datokarama Profesor Sagaf S Pettalongi dalam Rapat Senat Terbuka Wisuda S1, S2 dan S3, di Palu, Senin.

Berdasarkan data bagian akademik, terdapat lima wisudawan yang mendapat penghargaan karena berprestasi terbaik dari sisi akademik.

Wisudawan itu adalah Suci Uswatun Hasanah, mahasiswa strata dua program studi manajemen pendidikan Islam Pascasarjana dengan IPK 3,77. Kemudian Yuni Amelia meraih IPK 3,96 pada Prodi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) jenjang S1.

Berikutnya Syarifah Wahdah Prodi Hukum Ekonomi Syariah pada Fakultas Syariah jenjang S1 meraih IPK 3,97, kemudian Fikram jenjang S1 Prodi Perbankan Syariah pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) meraih IPK 3,96, dan Nur Fathila Dini jenjang S1 Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) pada Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan meraih IPK 3,95.

Rektor mengingatkan kepada para wisudawan dan wisudawati agar terus mengasah keterampilan untuk memasuki dunia kerja, antara lain melalui kemampuan komunikasi yang efektif.

Guru Besar sekaligus Pakar Manajemen Pendidikan itu mengatakan wisudawan dan wisudawati juga perlu meningkatkan kemampuan untuk membangun kolaborasi/kemitraan, kemampuan beradaptasi. “Juga tak kalah penting adalah kemampuan untuk memecahkan masalah, serta keterampilan kepemimpinan,” ujarnya.

Keterampilan-keterampilan tersebut, kata dia, perlu ditopang dengan keterampilan manajemen waktu atau mengatur waktu dengan baik.

Rektor UIN Datokarama Profesor Sagaf Pettalongi memindahkan tali toga penghargaan kepada wisudawan tali toga dalam wisuda S1, S2 dan S3, di Palu, Senin (20/3/2023)

“Kami tentu sangat berharap setelah melalui proses studi di UIN Datokarama, baik melalui kegiatan perkuliahan maupun ekstrakurikuler, para wisudawan dan wisudawati telah memiliki soft skill,” ungkapnya.

“Dengan soft skill yang baik, kalian dapat memperoleh keunggulan kompetitif dalam mencari pekerjaan dan membangun karir di masa depan,” tambahnya.