FTIK UIN Datokarama Targetkan Prodi Bahasa Inggris Raih Akreditasi Unggul

Sigi (Humas) – Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, menargetkan penyelenggaraan dan pengembangan program studi (Prodi) Bahasa Inggris meraih akreditasi unggul atau A.

“Pengembangan program studi termasuk prodi umum menjadi satu prioritas utama yang diselenggarakan oleh FTIK,” kata Dekan FTIK UIN Datokarama, Dr Askar, di Sigi, Jumat.

Program studi Bahasa Inggris diselenggarakan oleh FTIK sejak tahun 2015 ketika mendapat izin penyelenggaraan program studi umum Bahasa Inggris dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Saat ini, ujar Askar, Prodi Bahasa Inggris terakreditasi dengan predikat Baik Sekali atau B, dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Prodi Bahasa Inggris, kata dia, merupakan salah satu prodi unggulan dan diminati oleh masyarakat khususnya generasi muda di Sulawesi Tengah. Data FTIK menyebutkan terdapat 420 orang mahasiswa Prodi Bahasa Inggris yang saat ini aktif menempuh pendidikan strata satu.

“Oleh karena itu, FTIK terus melakukan pengembangan mutu Prodi Bahasa Inggris dengan target mencapai akreditasi unggul atau A,” ungkapnya.

Ia menyebut bahwa saat ini FTIK UIN Datokarama bersama BAN-PT sedang menyelenggarakan visitasi akreditasi borang Prodi Bahasa Inggris.

BAN-PT mengutus Profesor Burhanuddin Arafah dari Universitas Hasanuddin dan Muhammad Wayong Ph.D dari Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, untuk bersama – sama pihak FTIK UIN Datokarama melaksanakan visitasi Prodi Bahasa Inggris.

“Visitasi dengan melibatkan BAN-PT merupakan bentuk kolaborasi untuk mengembangkan mutu prodi secara berkelanjutan,” ujarnya.

Terkait hal itu, Rektor UIN Datokarama Profesor Sagaf Pettalongi menyatakan bahwa sejak bertransformasi kelembagaan dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) menjadi UIN Datokarama, maka pembukaan penyelenggaraan prodi umum menjadi prioritas.

“Hal ini karena UIN Datokarama bertekad melakukan pengembangan pengetahuan berbasis integrasi ilmu,” ungkap Profesor Sagaf yang juga Guru Besar sekaligus Pakar Managemen Pendidikan.

Dengan demikian, ujar dia, UIN Datokarama menjadi pusat studi serta kajian ilmu agama dan ilmu umum.

UIN Datokarama, telah diberikan izin oleh pemerintah pusat untuk menyelenggarakan pendidikan program studi (prodi) umum meliputi prodi arsitektur, sistem informasi, informatika, Bahasa Inggris, IPA, IPS, matematika, perbankan dan bisnis.

Sumber : humas UIN Datokarama Palu