UIN Palu – Unsimar Poso Lakukan MoU Peningkatan SDM

Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, laksanakan MoU dengan Universitas Sintuwu Maroso (Unsimar) Kabupaten Poso untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) mahasiswa, dosen, dan tenaga pendidik dua perguruan tinggi itu.

Rektor UIN Datokarama Sagaf S. Pettalongi dihubungi dari Palu, Kamis, menyatakan kolaborasi UIN dengan Unsimar Poso merupakan komitmen membangun SDM unggul.

“Kerja sama ini menjadi wujud dan konsistensi UIN dan Unsimar Poso untuk membangun sumber daya manusia yang lebih baik,” katanya.

Kerja sama dua perguruan tinggi tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan oleh Rektor UIN Palu Sagaf Pettalongi dan Rektor Unsimar Poso Suwardhi Pantih di Unsimar, Kamis.

Guru besar sekaligus pakar manajemen pendidikan ini mengatakan komitmen dan konsistensi UIN dan Unsimar dalam membangun SDM yang diwujudkan dalam bentuk kerja sama merupakan tindak lanjut dari tri dharma perguruan tinggi meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Peningkatan SDM disepakati oleh dua perguruan tinggi tersebut dengan melakukan pertukaran mahasiswa, KKN kolaborasi, riset secara terpadu, dan pelibatan dosen dua perguruan tinggi ini dalam seminar atau kelompok diskusi terpumpun.

Di samping itu, kerja sama dua belah pihak juga meliputi mengenai peningkatan kapasitas dan kompetensi lulusan.

“Di satu sisi kerja sama ini untuk memperkuat hubungan silaturahim antara UIN dengan Unsimar,” ungkapnya.

Rektor Unsimar Poso Suwardhi Pantih mengemukakan UIN Datokarama sebagai salah satu perguruan tinggi negeri di bawah naungan Kementerian Agama di Sulteng, menjadi mitra strategis dalam meningkatkan SDM.

“Lewat kerja sama ini nantinya para mahasiswa Unsimar dapat menimba dan mengasah kecakapan intelektual di UIN Palu,” ujarnya.

Kerja sama ini, kata dia, tidak sekadar memperkuat hubungan antarlembaga, tetapi wujud mengoptimalkan kontribusi dalam pembangunan daerah dan nasional, khususnya pada aspek pembinaan masyarakat dan peningkatan kompetensi.

“Nota kesepahaman ini selanjutnya akan ditindaklanjuti dalam bentuk perjanjian kerja sama oleh masing-masing unit dan fakultas,” ungkapnya.

sumber : Humas UIN Datokarama Palu