UIN Palu siapkan layanan pendaftaran mahasiswa baru jalur UMPTKIN

Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, menyiaplan layanan pendaftaran mahasiswa baru untuk jalur pendaftaran Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN) tahun 2022.

“Iya, UIN siapkan layanan pendaftaran mahasiswa baru jalur pendaftatan UMPTKIN di Sekretariat Pendaftaran Mahasiswa Baru,” kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga UIN Datokarama Palu Prof Abidin Djafar, di Palu, Senin (25/4).

Kata Abidin Djafar, penerimaan mahasiswa baru jalur pendaftaran UMPTKIN mulai dibuka pada Senin 25/4 pukul 14.00 Wita atau 13.00 WIB. Pendaftaran dilakukan secara daring.

Kementerian Agama dan Panitia Pusat penerimaan mahasiswa baru, kata dia, memberikan kuota kepada UIN Palu sebanyak 45 persen atau 967 orang mahasiswa baru jalur UMPTKIN.

Untuk memudahkan masyarakat khususnya generasi muda mendaftat di UIN Palu, maka, sebut dia, UIN menyiapkan layanan pendaftaran yang di dalamnya calon pendaftar akan dibimbing untuk mendaftar secara online.

“Hal ini untuk membantu memudahkan masyarakat mendaftar di perguruan tinggi keagamaan Islam negeri,” kata dia.

Dengan layanan tersebut, ujar dia, calon pendaftar yang belum melek teknologi, serta tidak memiliki koneksi internet, dapat melakukan pendaftaran di sekretariat pendaftaran yang disiapkan UIN Palu.

“UIN Palu menyiapkam segala sarana untuk kemudahan pendaftaran, mulai dari komputer hingga internet semuanya disiapkan,” ujarnya.

“Pendaftaran dibuka mulai tanggal 25 April dan berakhir tanggal atau tutup pendaftaran tanggal 4 Juli 2022,”ungkapnya.

Ia mengimbau kepada pihak sekolah SMA, Madrasyah Aliyah, SMK, dan pondok pesantren agar segera mendaftarkan siswa-siswinya di sekretariat pendaftaran yang disiapkan.

Abidin menerangkan, terdapat tiga jalur pendaftaran untuk masuk PTKIN meliputi Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN), UMPTKIN, dan jalur mandiri. Untuk jalur SPAN telah selesai, jumlah pendaftar sebanyak 1.772 orang.

“Target kami di jalur UMPTKIN ini yaitu kuota yang diberikan tercapai yakni 967 pendaftar,” ungkapnya.

sumber : humas UIN Datokarama Palu