Rektor UIN Palu minta wisudawan jadi pembawa solusi di masyarakat

Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Prof Sagaf S Pettalongi meminta wisudawan dan wisudawati jenjang strata satu, dua dan tiga agar menjadi pembawa solusi untuk menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi di masyarakat, khususnya menyangkut dengan dinamika sosial keagamaan.

“Salah satu tuntutan dari era ini adalah hadirnya SDM yang multitasking, orang-orang yang memiliki pengetahuan interdisipliner, sehingga mampu memberikan solusi bagi persoalan-persoalan baru yang semakin kompleks,” ucap Prof Sagaf Pettalongi dalam pesan almamaternya, pada wisuda semester ganjil tahun akademik 2021/2022, berlangsung di Kampus II UIN Datokarama, di Pombewe, Kabupaten Sigi, Selasa.

Dunia kerja hari ini, kata Prof Sagaf, bukan sekedar mempersyaratkan gelar keserjanaan dan latar belakang keilmuan, tetapi yang terpenting adalah kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

“Pertanyaannya bukan lagi anda alumni dari mana, lulus dengan IPK berapa, tetapi apa kompetensi anda dan apa yang mampu anda lakukan,” ungkap Prof Sagaf.

“Inilah ujian yang sesungguhnya, yang anda hadapi. Kesuksesan anda melewati ujian ini ditentukan oleh pengetahuan, skill dan personality yang anda miliki,” sebutnya.

Prof Sagaf juga menekankan kepada wisudawan-wisudawati bahwa, sebagai alumni UIN, nilai-nilai spiritual Islam pada dasarnya merupakan distingsi utama yang semestinya memberikan keunggulan personality. Aktualisasi nilai-nilai profetik seperti tanggung jawab, kejujuran, kecerdasan, dan mampu menyelesaikan masalah, serta menyebarkan kebenaran dan kebaikan pada sesama.

“Nilai-nilai inilah yang harus anda pelihara dan tumbuhkembangkan, sehingga saudara menjadi pribadi yang dibutuhkan masyaraka,” katanya.

Prof Sagaf juga berharap agar wisudawan-wisudawati mampu bersaing dengan alumni dari berbagai perguruan tinggi lainnya, dengan terus mengasah diri mengikuti perkembangan zaman dan kemajuan teknologi.

UIN Datokarama mewisuda 366 wisudawan-wisudawati jenjang strata satu, 23 wisudawan jenjang strata dua dan satu wisudawan jenjang strata tiga.

Pelaksanaan wisuda dilaksanakan dengan konsep drive thru serta menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 secara ketat.

sumber : humas UIN Datokarama Palu