FAKULTAS SYARIAH UIN DATOKARAMA PALU MENJALANKAN PERKULIAHAN TATAP MUKA TERBATAS (PTMT) SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2021/2022

11/03/22, Masa perkuliahan semester genap tahun akademik 2021/2022 telah dimulai per tanggal 1 Maret 2022. Proses perkuliahan dijalankan dengan mekanisme Pekuliahan Tatap Muka Terbatas (PTMT). PTMT adalah perkuliahan yang dilaksanakan dengan dua sistem, yaitu offline dan online. PTMT ini dijalankan dengan ketentuan sebagian mahasiswa menjalani perkuliahan di ruang kelas, Luar Jaringan (Luring) sambil tetap menjalankan protokol kesehatan. Sementara sebagian yang lain masih tetap menjalani perkuliahan melalui sistem Dalam Jaringan (Daring). Pada semester genap yang sementara berjalan ini, yang diperbolehkan masuk kelas (Luring) adalah semester II dan IV. Adapun semester VI dan VIII mengikuti kuliah secara Luar Jaringan. Kebijakan ini ditempuh dengan pertimbangan aspek kesehatan, di mana pandemi covid-19 masih juga belum berakhir.

Era New Normal saat ini harus disikapi secara arif dan bijaksana. Dosen sebagai pendidik sebelum proses perkuliahan senantiasa mengingatkan perlunya mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes), sedapat mungkin mengatur jarak duduk antar mahasiswa, memakai masker dan memeriksa kartu vaksin para mahasiswa atau menunjukkan aplikasi Peduli Lindungi di gawai masing-masing mahasiswa. Hal itu sesuai dengan Surat Rektor Nomor: 292/Un.24/PP.009/01/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Semester genap Tahun Akademik 2021/2022.

Pemandangan yang terlihat di ruang-ruang kelas, terutama di Gedung SBSN, mahasiswa yang berada dalam ruang kelas terlihat tenang dan teratur. Sebagaimana dinyatakan oleh Nur Inayah, Lc., M.H. salah seorang dosen Fakultas Syariah bahwa mahasiswa belajar cukup semangat dan antusias walaupun dalam situasi adaptasi di Era New Normal.

Di era ini, dosen mempunyai peran ganda. Selain melaksanakan tugas mengajar yang dilakukan baik secara offline maupun online juga menjadi pemandu kesehatan. Meskipun demikain, para dosen tetap semangat demi mencerdaskan generasi muda bangsa pelanjut estafet kepemimpinan bangsa, negara dan agama.  Sambil berharap semoga perkuliahan dapat kembali dijalankan secara normal seperti sedia kala. [sm/humas_fasya]