UIN Datokarama gandeng Pemkab Sigi kembangkan SDM ASN

Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama, di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, menggandeng pemerintah daerah setempat dalam rangka optimalisasi pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia Aparatur Sipil Negara (ASN).

“ASN harus memiliki integritas yang baik, kapasitas, kompotensi dan profesionalitas kerja,” ucap Bupati Sigi Mohamad Irwan, dalam pembinaan SDM ASN di likungan Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan (FTIK) UIN Datokarama, di Pombewe, Kabupaten Sigi, Selasa.

Bupati Sigi Mohamad Irwan yang merupakan mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Donggala, dihadirkan oleh FTIK UIN Palu sebagai narasumber utama dalam pembinaan SDM ASN.

Mohamad Irwan mengemukakan ASN menjadi satu komponen penentu penyelenggaraan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat, termasuk kepada komponen civitas akademik.

Karena itu, integritas dan profesionalitas kerja, dan kedisiplinan ASN menjadi aspek penting yang melekat pada diri setiap ASN dan dijunjung tinggi dalam melaksanakan kinerjanya.

Apalagi, sebut dia, setiap tahun aturan yang berkaitan dengan pembinaan, kode etik, serta kinerja tugas dan fungsi ASN terus mengalami perubahan dan semakin ketat. Maka, ASN sebagai abdi negara harus mampu memberikan kontribusi nyata yang baik
dalam tugas dan fungsinya.

Kehadirian teknologi yang digunakan oleh pemerintah dalam sistem perekrutan ASN, menjadi satu solusi dalam mencari ASN yang benar-benar memiliki integritas dan profesionalitas kerja.

Sistem tersebut, sekaligus memutus mata rantai nepotisme yang sebelumnya sering terjadi dalam perekrutan ASN.

Mohamad Irwan juga mengemukakan bahwa ASN harus memiliki ide-ide dan gagasan yang progresif dalam menjabarkan tugas dan fungsi, untuk menopang pencapaian visi dan misi lembaga.

Sementara itu Dekan FTIK UIN Datokarama Dr Hamlan menyatakan bahwa pembinaan SDM ASN merupakan satu bentuk tindaklanjut dari peningkatan kualitas tata kelola birokrasi untuk percepatan pelayanan kepada masyarakat dan civitas akademik.

“Pembinaan ini dilakukan secara berkelanjutan, dengan menggandeng para pihak dari eksternal dan internal lembaga,” ujarnya.

Hamlan secara kelembagaan menyampaikan apresiasi kepada BUpati Sigi Mohamad Irwan yang bersedia bekerjasama dalam pembinaan SDM ASN, untuk percepatan pelayanan kepada masyarakat.

Berkaitan dengan itu Wakil Rektor Bidang Kerjasama Dr Mohamad Idhan mengatakan bahwa UIN Datokarama akan terus berupaya memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan sumber daya manusia di Kabupaten Sigi.

Sumber : humas UIN Datokarama Palu