Pemkab Sigi siap bantu pengembangan UIN Datokarama

Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, bersedia membantu pengembangan Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama di Sigi, dengan menyediakan sarana dan infastruktur penunjang.

“Infastruktur dan sarana seperti jalan menuju kampus UIN Datokarama menjadi tanggung jawab pemerintah daerah,” kata Bupati Sigi Mohamad Irwan, di Kampus UIN Datokarama, di Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Selasa.

Pernyataan Bupati Sigi Mohamad Irwan, seiring dengan usulan dari Akademisi Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan (FTIK) UIN Datokarama Dr Elya, yang mengusulkan kepada Bupati Mohamad Irwan agar membantu memperbaiki akses jalan menuju kampus UIN Datokarama.

Dr Elya juga mengusulkan kepada Bupati Sigi agar membantu menyediakan sarana air bersih di lingkup UIN Datokarama di Sigi, serta penyediaan sarana penerangan jalan menuju kampus tersebut.

Elya juga menyarankan kepada Bupati Sigi Mohamad Irwan agar membantu menyediakan fasilitas tempat tinggal bagi mahasiswa FTIK UIN Datokarama Palu yang berjumlah kurang lebih 3.000 mahasiswa.

Usulan itu disampaikan Elya dalam kegiatan pembinaan SDM ASN yang diselenggarakan oleh FTIK UIN Datokarama, di Sigi, yang menghadirkan Bupati Sigi Mohamad Irwan sebagai pembicara utama.

Bupati Sigi Mohamad Irwan mengakomodir usulan tersebut, dengan segera akan melakukan pembangunan peningkatan kulitas jalan menuju kampus UIN Datokarama.

“Untuk air bersih pemerintah daerah Kabupaten Sigi akan membantu dengan membangun sumur di lingkungan kampus ini,” ujar Mohamad Irwan.

Untuk pembangunan air bersih, Bupati Mohamad Irwan membutuhkan surat permohonan dari pihak UIN Datokarama, yang selanjutnya akan menjadi dasar untuk disampaikan bupati ke Dinas Pekerjaan Umum.

“Prinsipnya pemerintah daerah siap membantu pengembangan UIN Datokarama di Kabupaten Sigi,” sebut Mohamad Irwan.

Rektor UIN Datokarama Prof Sagaf S Pettalongi MPd berterima kasih kepada Bupati Sigi yang telah bersedia untuk membantu sarana dan infastruktur penunjang pengembangan kampus tersebut di Sigi.

Sumber : humas UIN Datokarama Palu